usaha warung makan

Mengintip Usaha Warung Makan, Nampak Kecil Tapi Cukup Menjanjikan

Usaha Warung Makan – Untuk para orang tua pastinya akan melakukan apapun untuk mendapatkan uang demi keluarga yang ia cintai. Banyak sekali cara untuk mendapatkan uang tersebut, dari bekerja kepada orang lain ataupun membuat usaha sendiri.

Dan salah satu usaha sendiri yang bisa dibuat dengan modal yang tidak terlalu besar yaitu adalah usaha warung makan. Warung makan tidak harus besar, kamu bisa membuat warung makan kecil-kecilan, akan tetapi usaha yang dimulai dari kecil ini bisa menjadi usaha yang menjanjikan.

Tentunya kamu harus tetap berusaha untuk membuat warung makan tersebut bisa berjalan dengan baik sehingga bisa menjadi usaha yang sangat menjanjikan. Dan dalam membuat warung makan yang sukses ada beberapa hal yang harus kamu lakukan.

Berikut ini adalah 5 kunci sukses untuk membuat usaha warung makan dari kecil :

Aneka Jenis Makanan

aneka makanan indonesia
makananindonesia-ku.blogspot.com

Untuk bisa membuat usaha warung makan yang sukses hal yang pertama kamu harus siapkan adalah kamu bisa memasak aneka jenis makanan yang membuat orang ingin makan diwarung makanmu. Selain itu kamu juga harus punya 1 menu yang menjadi menu kamulan kamu.

Karena apabila menu kamulan kamu sudah terkenal maka orang-orang akan datang ke tempat kamu dengan alasan yang sudah pasti. Dan orang yang sudah mencoba dan menyukainya kemungkinan akan mengajak temannya ke tempatmu. Dan juga mempunyai kemungkinan besar dia akan kembali ke tempatmu untuk makan menu kamulan kamu.

Jenis makanan lainnya yang bukan menu kamulan kamu juga tetap harus kamu sempurnakan. Agar orang tidak hanya membeli satu makanan saja saat datang ke tempatmu. Orang yang datang akan lebih senang saat melihat menu yang beragam. Dan apabila salah satu menu kamu sudah memuaskan menurut pelanggan maka ada kemungkinan dia akan mencoba menu lainnya.

Artikel Terkait : 10 Nasi Olahan Maknyus dari Penjuru Nusantara

Dan dengan rasa yang enak dia akan kembali untuk makan dan mencoba menu lainnya. Maka dari itu semakin banyak menu yang kamu sediakan maka makin sering juga orang akan kembali untuk mencoba menu lainnya.

Penelitian Dan Survey Pasar

umy.ac.id

Sebelum membuat warung makan kamu juga harus meneliti dan mensurvey pasar yang ada. Karena apabila kamu salah membuat warung makan maka akan berakibat fatal. Kemungkinan besar usaha warung makan kamu akan tidak laku dan jarang ada yang ingin membeli.

Yang harus disurvey adalah apa makanan yang sering dibeli orang-orang di dekat tempat kamu ingin membuat warung makan. Kemudian apakah makanan yang kamu ingin jadikan kamulan warung makanmu itu cocok dengan lidah masyarakat ditempatmu.

Selain kedua itu masih banyak hal yang harus kamu survey agar usaha warung makan yang ingin kamu jalani tidak gagal dan bisa mendapatkan untung yang memuaskan. Kamu juga bisa mensurvey dengan cara bertanya kepada orang sekitar ataupun mencoba memasak gratis untuk beberapa orang dan meminta pendapat mereka.

Apabila pendapat mereka bagus, maka ada kemungkinan warung makan yang kamu buat bisa sukses. Dan jangan lupa untuk mensurvey tempat yang kamu akan gunakan, karena tempat sangatlah penting dalam membuat suatu usaha.

Lokasi Bisnis

Talaga Sampireun - tempat makan menarik jakarta
venuerific.com

Seperti yang sudah saya bilang tadi, salah satu faktor yang menentukan keberhasilan usaha rumah makan adalah lokasi tempat kamu membuat bisnis tersebut. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk mensurvey tempat kamu ingin membuka rumah makan.

Untuk mensurvey lokasi yang tempat yang bagus untuk dijadikan tempat usaha rumah makan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah seberapa ramai tempat itu dilewati orang. Karena apabila tempat kamu membuka warung makan jarang orang lewati bagaimana orang ingin makan disitu.

Bacaan Menarik : 7 Kuliner Aneh dari Berbagai Negara [WARNING/DISTURBING]

Tetapi berbeda apabila kamu memang membukanya untuk di online-kan. Tetapi walaupun kamu membuka secara online tempat juga tetap harus strategis agar orang tidak susah untuk mencarinya, dan juga agar kamu tetap mendapatkan pelanggan dari orang-orang yang melewati rumah makanmu.

Biasanya untuk menghitung orang yang melewati daerah tersebut, ada jasa yang memberikan pelayanan untuk menghitung mobil dan motor yang melewati daerah tersebut dalam waktu 1 jam. Dengan menghitungnya seperti ini, kamu bisa mengira-ira berapa kemungkinan orang untuk datang ke rumah makan milikmu.

Bahan Baku

bahan baku makanan
praktisi-nutrisi-gizi.blogspot.co.id

Setelah tempat hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah bahan baku untuk kamu membuat makanan ditempatmu. Pastikan bahan baku yang kamu gunakan adalah bahan baku yang berkualitas. Apabila menggunakan sayuran, pastikan sayur tersebut masih sangat segar.

Hal ini sangat penting, karena apabila tidak diperhatikan bisa berbahaya. Apabila pelanggan tidak puas karena bahan yang kamu gunakan tidak bagus, bisa saja mereka tidak mau datang ke tempatmu lagi. Dan lebih parahnya lagi apabila mereka memberitahukan kepada kerabat mereka.

Maka dari itu kamu harus benar-benar harus mencari bahan baku yang baik. Cobalah bertanya kepada rumah makan lain tentang bahan baku yang mereka gunakan, apabila mereka memberitahukannya kamu sangat beruntung. Dan pastikan juga bahwa supplier bahan baku kamu bisa menyediakan semua bahan yang kamu butuhkan.

Modal Atau Dana

sovlex.com

Untuk hal ini bisa dibilang paling pusing, apalagi apabila kita tidak mempunyai modal. Kita harus meminjam kesana sini untuk membuka usaha ini. Tetapi untungnya usaha kecil-kecilan ini tidak selalu mengeluarkan modal yang cukup besar.

Kamu bisa meminimalisir modal kamu dengan cara membuka warung makan tersebut ditempat yang lebih murah akan tetapi tetap strategis. Dan juga kamu bisa meminimalisir bahan baku yang ada, tetapi kamu tetap harus pastikan bahwa bahan baku tersebut habis dalam sehari. Karena akan repot apabila bahan baku yang kamu pakai sudah tidak segar lagi.

Selain itu kamu harus mencatat semua pengeluaran dan pemasukan sehingga kamu tidak bingung mana uang untuk modal dan mana uang yang akan menjadi milik kamu. Apabila kamu salah perhitungan akan sangat berbahaya, karena bisa saja kamu tidak ada uang untuk membeli bahan makanan untuk bulan esoknya.

Untuk tambahan, untuk warung makan sangat diperhatikan kerapihan dan kebersihannya. Karena apabila tempat makan milik kamu bersih dan rapih pelanggan akan senang untuk makan disana. Apabila berantakan orang tidak mau datang kembali ke tempatmu ataupun dia bahkan tidak jadi makan di tempat makan mu.

Boleh Dibaca : 12 Pengusaha Kuliner yang Sukses di Kota Bandung

Dan untuk kamu yang sudah memulai tetapi tidak melihat sedikitpun keuntungan sebaiknya jangan putus asa. Cobalah periksa kembali apakah ada yang salah saat kamu membuka rumah makanmu? Dan apabila sudah kamu temukan, cobalah untuk memperbaikinya sehingga usaha kamu bisa berjalan dengan lancar.

Semoga dengan artikel ini, kita semua bisa membuka usaha milik kita sendiri-sendiri. Jangan lupa untuk berdoa agar usaha kita diberkahi dan dimudahkan oleh Allah SWT. Dan semoga artikel ini menjadi amal jariyah untuk kita semua.

Sekian terimakasih.

Leave a Comment