bisnis dan usaha catering

Usaha dan Bisnis Catering Rumahan yang Cukup Menggiurkan

USAHA DAN BISNIS CATERING – Bisa dibilang ini merupakan salah satu peluang usaha rumahan yang sangat menguntungkan dengan pertumbuhan bisnis yang dan potensi ekspansi yang besar. Secara finansial, tentunya hal ini sangat menarik dan memuaskan. Setiap melayani acara, baik itu resepsi pernikahan, pesta ulang tahun, bahkan makan malam, akan menjadi tantangan dan pengalaman baru dengan orang-orang yang baru juga.

Beberapa hal yang pastinya dibutuhkan dalam menjalankan usaha catering, di antaranya adalah stamina ekstra, keterampilan dalam interpersonal yang sangat baik, dan kemampuan untuk dapat bekerja di bawah tekanan.

Dalam bisnis catering ini, reputasi anda akan sangat berpengaruh dalam menentukan keberhasilan anda. Untuk membangun reputasi yang baik, tentunya anda haruslah siap untuk bekerja keras, dan mampu bekerja walaupun di bawah tekanan apapun.

Nah, di sini akan kita bahas dengan detail mengenai usaha dan bisnis catering rumahan sehingga anda memiliki bekal lebih untuk memulai bisnis catering.

Permintaan Catering

usaha dan bisnis catering
thebusinesscatalog.com

Anda pasti sepakat, bahwa setiap tahunnya, permintaan terhadap jasa catering semakin meningkat. Salah satu yang memicunya adalah semakin banyaknya jumlah rumah tangga yang pendapatannya tinggi, meningkatnya angka pernikahan dan event perusahaan.

Jasa catering banyak digunakan oleh perusahaan untuk menyiapkan makan siang, begitupun untuk makan malam, untuk membangun citra dan memaksimalkan penjualan yang dilakukan oleh perusahaan mereka.

MENARIKUsaha Bisnis Gorengan, Keuntungannya Cukup Menggiurkan

Berkembangnya gaya hidup seperti ini berpengaruh meningkatkan peluang untuk berbisnis catering. Banyak sekarang ini ibu rumah tangga yang juga memakai jasa catering untuk persiapan acara pesta mewah dan tidak akan dilupakan oleh para tamu.

Semakin banyaknya jumlah ibu rumah tangga yang memakai jasa catering untuk menyiapkan pesta kelulusan, ulang tahun, dan resepsi pernikahan karena alasan yang begitu sederhana. Para ibu sekarang ini sudah mulai banyak yang bekerja di luar rumah sehingga tidak punya energi dan waktu untuk menyiapkan semua perencanaan pesta yang mengagumkan.

Bahkan perlahan-lahan konsep makan dirubah oleh usaha catering: daripada pergi ke restoran untuk menikmati masakan terbaik, keluarga bisa memakai jasa catering untuk menikmati masakan yang sama di rumah.

Biaya Bisnis Catering

pola makan sehat
iacpublishinglabs.com

Catering memberikan kesempatan untuk memulai sebuah usaha jasa makanan dengan modal pertama yang lebih kecil daripada memulai usaha restoran.

Hal utama yang harus diberikan adalah layanan yang berkualitas, menjadi semua acara yang ditangani menjadi mengesankan, mempersembahkan pelayanan catering yang begitu luar biasa dari persiapan dan pemilihan makanan, porsi makanan, peralatan, pengaturan dan pembersihan daerah yang ditunjuk, konsultasi dan koordinasi makanan untuk melayani kegiatan tertentu.

ANALISIS LAINNYAMengintip Usaha Warung Makan, Nampak Kecil Tapi Cukup Menjanjikan

Modal untuk usaha catering akan bergantung pada apa yang dimasukkan ke dapur. Untuk mengurangi modal awalnya, anda bisa memulainya dengan menyewa berbagai perlengkapan masak. Anda juga bisa menyewa kebutuhan dapur dari penyewaan alat-alat tersebut. Kalau keuangan sudah stabil, anda dapat melakukan pembelian alat-alat sendiri.

Dengan merental fasilitas, peralatan, dan kelengkapan, anda bisa memakai beberapa bulan pertama untuk memangun reputasi, memperbanyak modal invest, memperluas dan melakukan evaluasi akan jumlah budget dan waktu yang ingin dijadikan investasi.

Potensi Penghasilan Usaha dan Bisnis Catering

top1catering.com

Dari usaha catering, potensi penghasilan yang akan didapatkan bergantung kepada seberapa besar event yang dilayani. Sebagaimana usaha lainnya, bisnis catering  memerlukan keterampilan dalam manajemen dan berorganisasi yang baik dalam bisnis untuk dapat sukses.

Skill anda dalam menjaga keseimbangan pengeluaran sambil terus mengusahakan kualitas layanan juga merupakan hal yang tak kalah penting. Banyak yang berkata bahwa usaha catering berupakan bisni yang terbaik keuntungannya dalam industri minuman dan makanan.

Untuk menghemat pengeluaran, anda bisa menjadikan rumah sebagai kantor, lalu menyewa dapur dari restoran terdekat dan merekrut karyawan. Biasanya, catering tidak perlu banyak karyawan sepanjang tahunnya karena sifatnya yang musiman.

Tapi, yang paling penting ialah usaha catering bukan hanya tentang mempersembahkan makanan yang besar, tapi juga harus memperhatikan kualitas pelayanan. Staf catering mestilah orang yang cepat responnya dalam melayani kebutuhan klien, profesional dan fleksibel.

Apa yang Anda Butuhkan

memulai usaha catering rumahan
alltopstartups.com

Supaya usaha catering anda berhasil, memang sangat dibutuhkan passion dan bakat dalam menyajikan masakan yang lezat. Anda juga mesti mempunyai kemampuan merencanakan atau sebagai manajer yang hebat. Anda harus menjadi pribadi yang terorganisir, tapi cukup fleksibel saat terjadi perubahan-perubahan mendadak di menit-menit akhir.

Sekarang ini, beberapa jenis catering sudah menawarkan sistem pesan online, mulai dari makanan pembuka hingga makanan penutup dengan minimal pemberitahuan 48 jam sebelumnya.

BACA JUGAMau Bisnis Es Krim? Yuk Intip Peluang dan Potensi Pasarnya

Tidak perlu mengambil pelatihan atau pendidikaan khusus untuk memulai bisnis catering yang sukses. Tapi, meskipun begitu, anda boleh belajar di beberapa kursus dalam bidang kuliner atau sekolah kejuruan yang berpengaruh besar dalam membantu anda melakukan peningkatan kualitas penyajian makanan.

Kesuksesan bisnis catering anda akan sangat berhubungan dengan perencanaan dan bagaimana anda menerapkan perencanaan tersebut. Pahamilah apa yang klien inginkan dan berikan apa yang diinginkan mereka lewat pelayanan yang memuaskan.

Cara Memulai Bisnis Catering

bisnis dan usaha catering
investopedia.com

Kalau anda merasa sudah siap dan benar-benar ingin memulai usaha catering yang sukse, berikut ini beberapa langkah dalam memulai bisnis catering rumahan yang dapat anda jadikan sebagai referensi:

1. Menentukan jenis usaha rumahan catering makanan

Berikut ini beberapa macam jenis usaha catering, di antaranya :

Catering rumahan.  Jenis catering ini biasanya melayani pesanan sampai dengan 100 orang. Termasuk di dalamnya rantangan rumah tangga, paket prasmanan untuk pengajian / arisan, pesanan nasi box untuk 20-100 porsi, dan nasi tumpeng.

Catering makanan anak. Yaitu catering pagi / siang untuk anak-anak sekolahan. Biasanya penyajiannya menggunakan tromol / rantang khusus untuk anak-anak. Selain itu juga ada yang namanya catering makanan bayi dan catering makanan sehat.

Catering kantoran. Yaitu nasi box, rantangan karyawan kantor, atau prasmanan untuk syukuran / perayaan di kantor.

Catering acara khusus / hajatan. Seperti perayaan dan pernikahan. Umumnya memakai sistem prasmanan, namun terkadang ditambah dengan pesanan nasi tumpeng dan box.

2. Menyiapkan modal yang dibutuhkan

Adapun modal yang perlu disiapkan untuk memulai bisnis catering adalah sebagai berikut:

Peralatan memasak. Misalnya saja untuk memasak 100 porsi, bisa dilakukan dengan memakai alat-alat masak yang ada dalam rumah tangga sehingga tidak harus terburu-buru dalam memodal. Cukup dengan membeli peralatan baru.

Ruangan / dapur. Untuk catering rumahan, ruangan khusus tidak perlu disiapkan.Tapi alangkah baiknya penataan dapur anda dilakukan sedemikian rupa agar pekerjaan mejadi lebih mudah dengan menambahkan rak-rak khusus sebagai tempat perlengkapan memasak.

SPONSOR: Catering Murah dan Enak di Surabaya

Rak khusus untuk bumbu-bumbu dapur. Bila diperlukan, berilah label pada masing-masing tempat bumbu untuk memudahkan dalam proses memasak.

Keuangan sebagai pemula. Biasanya, anda belum bisa berhutang, alias masih memakai modal sendiri. Modal yang anda perlukan untuk berbelanja bahan makanan. Estimasi biaya yang diperlukan sekitar 500 ribu – 2 juta rupiah. Tergantung banyaknya pesanan yang anda kerjakan. Cobalah dengan skala kecil hingga besar.

3. Menyiapkan keterampilan yang harus dimiliki

Keterampilan yang harus anda miliki dalam usaha rumahan catering makanan ini adalah sebagai berikut:

Aneka masakan dan variasinya. Memasak memang urusan selera, tetapi tetap ada standart tersendiri yang harus dikuasai. Bedakan standar ini dengan pesaing anda.

Anda harus pintar mengelola bahan-bahan makanan dan penggunaannya agar tidak boros dan terhindar dari kerugian.

Membina hubungan dengan siapa saja. Bahkan dengan pesaing atau sesama pengusaha catering. Anda juga harus tahu harga yang ditetapkan pengusaha catering lainnya agar bisa menentukan harga yang pas.

Perhatikan cara memasak dan menyimpan hasil masakan dengan baik. Hal ini sangat penting untuk menghindari masakan menjadi basi/bau akibat penanganan atau penyimpanan yang salah.

Informasi tempat berbelanja bahan makanan yang berkualitas baik dengan harga miring. Terkadang perlu sumber dari beberapa tempat untuk mendapatkan bahan makanan yang baik. Misalnya, untuk sayuran segar dan murah sebaiknya anda beli di pasar A, tetapi untuk daging sapi lebih baik dibeli di pasar B. Membeli daging ayam dan sapi ada yang menggunakan pesan-antar.

Informasi tempat persewaan peralatan makan dan penyajian yang lengkap dan murah. Di antaranya seperti pemanas, pemanas sup, pyrex.  Lebih baik anda tahu lebih dari satu tempat persewaan untuk menghindari kekosongan barang pada saat-saat ramai.

4. Dapatkan supplier bahan makanan yang bonafid

Salah satunya adalah ketersediaan bahan dan kualitas bahan yang bisa dipegang untuk usaha catering anda. Supplier anda perlu memiliki stok yang memadai, mengerti akan kualitas dan tentunya kembali ke harga juga adalah kompetitif.

Leave a Comment