Surabaya Jadi Destinasi Wisata Kuliner yang Cetar Membahana

Salah satu kota besar yang ada di Pulau Jawa adalah Surabaya, di Provinsi Jawa Timur. Kota dengan segala keindahan dan daya tariknya tersendiri yang akan membuat kamu betah berada di sana. Banyak wisatawan yang mengunjungi kota ini setiap tahunnya, dan tentu saja mereka berwisata untuk menikmati keindahan yang ada di Surabaya.

Selama berwisata di Surabaya, tentu ada hal yang tidak bisa dilewatkan, yaitu mencicipi kuliner yang terkenal di kota ini. Ada banyak yang bisa kamu coba ketika mengunjungi Surabaya lho, mau yang makanan berat atau cuma sekedar mengganjal perut saja.

Kamu bisa memilih berbagai sajian yang tentu akan membuat lidah bergoyang dan hati senang. Rasa dari masakannya pun tentu enak, kalau kata Pak Bondan “maknyus”. Apa saja kuliner terkenal di Surabaya? Lanjutin yuk bacanya.

1. Kuliner Rujak Cingur Ahmad Jaiz Surabaya

tempat makanan khas surabaya
de-kulinarisch.blogspot.co.id

Salah satu makanan khas yang ada di Jawa Timur adalah rujak cingur. Nah, karena merupakan makanan khas, di Surabaya juga banyak warung yang menjajakan makanan ini. Tapi, ada salah satu tempat yang sudah terkenal sejak dulu, namanya Rujak Cingur Ahmad Jaiz. Tempat ini sudah banyak dikenal, baik oleh masyarakat Surabaya maupun wisatawan.

Karena sudah ada dari zaman dulu, rasa Rujak Cingur Ahmad Jaiz ini nggak perlu kamu ragukan deh. Dengan pengalaman yang ada, olahan rujak dan cingur pastilah enak, empuk, dan kenyal.

SPONSOR: Catering di Surabaya yang Enak dan Murah

Rujak Cingur Ahmad Jaiz isinya mirip seperti rujak cingur pada umumnya, ada rujak dan juga cingur. Bedanya, tentu saja bumbu yang digunakan. Walaupun sama bumbunya, tapi kalau racikannya pas, tentu akan memberikan rasa yang maknyus

2. Soto Lamongan Cak Har

lokasi makan surabaya
adeknakemal.blogspot.co.id

Walaupun makanan ini adalah makanan khas dari Lamongan, tapi ternyata, di Surabaya ada juga lho yang terkenal, namanya Soto Lamongan Cak Har. Warung makan ini menyajikan soto Lamongan yang memiliki cita rasa yang lezat.

Soto Lamongan Cak Har ini memiliki rasa yang gurih karena kuahnya menggunakan santan. Selain terasa lebih gurih, kuahnya juga kental, apalagi kalau kamu tambahkan koya yang banyak, tentu soto yang kamu pesan akan semakin gurih dan kental.

Untuk menemani menikmati soto, kamu bisa memilih lauk lain, seperti daging ayam, ceker, jeroan ayam, dan brutu. Tinggal pilih saja mana yang kamu suka dan cocok di hati. Kalau penasaran, kamu bisa datang langsung ke Soto Lamongan Cak Har yang ada di Jalan Ir. Soekarno, Surabaya.

3. Kuliner Rawon Pak Pangat

tempat wisata kuliner khas surabaya
diarysivika.com

Rawong juga merupakan salah satu makanan khas yang ada di Jawa Timur. Tapi, ada salah satu warung makan yang menyajikan rawon dan terkenal di Kota Surabaya, Rawon Pak Pangat. Tempat ini berada di Ruko Lotus Jalan Ketintang Baru Selatan 1/15. Kalau kamu bingung, langsung aja pergi ke Masjid Agung Surabaya, Rawon Pak Pangat ada di daerah sana kok.

Tapi jangan dateng kepagian atau kemalaman ya, karena warung ini buka dari jam 6 pagi sampai 9 malam. Kalau kamu kejauhan datang ke warung yang di Ruko Lotus, bisa juga kok mengunjungi pusatnya yang ada di Darmo Trade Center Wonokromo, Surabaya.

Coba deh kamu cicipi dulu sensasi rasanya, siapa tahu suka dan malah ketagihan sama makanan khas Indonesia ini. Apalagi kamu bisa mendapatkan suwiran empal yang rasanya khas ketika menikmati rawon ini.

Penyajian Rawon Pak Panget seperti rawon pada umumnya, ada nasi, dan juga rawon. Nah, kamu bisa memilih, mau nasi rawon campur atau nasi rawon krengsengan, keduanya sama-sama enak kok. Segera agendakan ya, biar kamu merasakan cita rasa makanan lokal yang pasti nggak kalah lezat sama restoran dari luar.

4. Nasi Krawu Sufayah Surabaya

lokasi kuliner enak surabaya
infokuberita.com

Kalau kamu ke Kota Surabaya, rugi rasanya nggak mencoba salah satu makanan khas Gresik, namanya Nasi Krawu Sufayah. Walaupun berasah dari Kota Gresik, Nasi Krawu Sufayah ini cukup digemari lho oleh masyarakat Surabaya. Pasti karena rasa dari makanan yang satu ini maknyus deh.

Nasi Krawu Sufayah memiliki ciri khas berupa nasinya yang pulen dan enak. Selain itu, cara penyajiannya masih tradisional, yaitu dengan menggunakan pembungkus berupa daun pisang. Tentu hal tersebut akan membuat rasa dari nasi krawu makin nikmat lagi.

Selain nasi yang pulen, ada berbagai macam lauk yang bisa kamu pilih, ada semur daging, daging sapi, jeroan sapi, dan juga yang makin menambah nikmat yaitu sambal terasi. Kalau penasaran, kamu bisa langsung mengunjungi warungnya yang ada di Jalan Manyar Kertoarjo, Surabaya.

5. Nasi Goreng Jancuk Surabaya

tempat wisata kuliner surabaya
junantoherdiawan.com

Walaupun namanya agak kurang enak didengar, tapi warung yang satu ini punya banyak penggemar lho. Mungkin pemilihan nama ini karena di Surabaya, kata ‘jancuk” itu sudah biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari ya. Atau, bisa juga karena masakan di Nasi Goreng Jancuk rasanya sangat pedas.

Kalau kamu pergi ke Nasi Goreng Jancuk, siapkan perut yang masih kosong ya. Selain terkenal karena kepedasannya, porsi Nasi Goreng Jancuk ini juga banyak. Jadi, kalau dateng berdua, pesennya satu dulu aja, siapa tahu kalau memang porsinya kebanyakan bias dihabisin berdua. Kalau pesan dua langsung tapi nggak habis kan mubadzir nanti jadinya.

Rasa pedas dari Nasi Goreng Jancuk berasal dari pemilihan cabe dan juga bumbu rempah lain. Jadi, tentu rasanya bukan hanya pedas, tapi juga lezat karena ada bumbu-bumbu rempah lain. KamuĀ akan menemukan ayam, udang, atau telur. Selian itu, akan ada taburan bawang merah goreng, acar, dan kerupuk yang akan menambah kelezatan.

Biar nggak penasaran, langsung aja dateng ke Jalan Pemuda 31-37, Surabaya. Konon, satu porsi Nasi Goreng Jancuk ini bisa untuk empat sampai lima orang lho. Nggak kebayang tuh banyaknya seberapa.

6. Kepiting Cak Gundul 1992

lokasi kuliner murah surabaya
syafiradp.blogspot.co.id

Kepiting Cak Gundul 1992, seperti namanya, warung yang menyajikan beraneka ragam olahan kepiting ini mulai berdiri sejak tahun 1992. Menu yang populer tentu saja olahan kepiting dong, tapi yang dimasak menjadi kepiting bumbu kare dan juga kepiting asam manis. Kedua menu itu menjadi primadona di Kepiting Cak Gundul 1992.

Tempat ini cocok banget buat kamu penggemar makanan laut. Karena, bukan hanya kepiting saja ternyata yang ada di Kepiting Cak Gundul 1992, tapi kamu juga bisa memesan ikan, kerang, cumi, atau udang. Jadi, pas banget kan, semua menu bisa kamu pesan dan rasakan sendiri. Biar nggak ngiler, langsung aja dateng ke Jalan Kupang Indah dan cari warung buat para penggemar seafood ini.

Sebenarnya masih ada banyak lagi kuliner di Surabaya yang akan mampu menggoyang lidah kamu dan akhirnya bilang maknyus.

Tapi, segitu aja dulu ya, kalau udah didatengin semua nanti ditambah lagi deh tempat makan enak yang ada di Surabaya.

Leave a Comment