gudeg yu djum

14 Tempat Makan Enak di Jogja, Rasa dan Nuansa yang Istimewa

Tahukah kamu bahwasannya Yogyakarta pernah menjadi ibukota Indonesia? Yogyakarta juga merupakan pusat dari kebudayaan Jawa dan tempat dimana banyak orang-orang yang berpengaruh lahir di sini. Banyak orang yang menyebut Yogyakarta dengan Jogja, Yogya, Jogjakarta. Kota yang sangat indah dengan suasana tradisionalnya yang sangat kental terus mengalami perkembangan sebgaia kota metropolitan. Banyak sekali tempat makan enak di Jogja dengan suasana yang unik dan nyaman. Berikut tempat-tempatnya.

1. Gudeg Yu Djum: Gudeg Legendarisnya Jogja

gudeg yu djum
gudegyudjumpusat.com

Untuk kamu orang Jogja atau sering berlibur ke kota yang terkenal dengan budaya, bakpia, dan gudegnya. Pasatinya tidak asing lagi dengan tempat makan gudeg legendaris yang satu ini. Ya, namanya Gudeg Yu Djum. Di daerah sentra gudeg daerah wijilan yang tidak jauh dari Kraton Yogyakarta, banyak seklai tempat makan gudeg yang berada di sepanjang jalan. Gudeg Yu Djum ini yang menjadi salah satu gudeg terkenal dan legendaris di Yogyakarta.

Gudeg Yu Djum mempunyai beberapa cabang. Ada di jalan solo, di wijilan ada 2 tempat. Di beberapa titik sudut kota Yogyakarta ada aja Gudeg Yu Djum. Pada bagian teras rumah disediakan bakulan gudeg dan lauknya berjejer rapi, ada mbok-mbok yang melayani pesanan. Kamu akan ditawari gudeg telor, ayam, atau tempe. Rasanya serasa kembali ke masa lalu.

Harga gudegnya sangatlah terjangkau. Nasi gudeg, krecek ditambah tahu atau tempe harganya sekitar 10.000 rupiah saja. Rasanya tidak usah diragukan lagi. Rasa manis khas gudeg Jogjanya sangat kerasa apalagi kreceknya memang benar-benar juara. Kamu wajib coba jika mampir ke Jogja.

Untuk minumannya sendiri tak banyak pilihan hanya menyediakan air mineral atau air kemasana dan es teh manis. Sebenarnya yang menjadikan Gudeg Yu Djum istimewa ini terletak pada kreceknya yang istimewa.

2. Bong Kopitown: Sensai Makan di Penjara

bong kopitown jogja
foody.id

Pernkah kamu terbayang makan di penjara? Tapi suasananya nyaman dan bisa makan dengan nikmat? Bong Kopitown tempatnya. Restoran ini berada di daerah Sagan, Yogyakarta. Restoran ini memiliki konsep suasana seperti layaknya penjara aslinya. Tidak hanya dari desain interiornya saja yang bisa dibilang sangat unik, buku menu dari restoran ini pun juga unik. Buku menunya tidak seperti restoran pada umumnya di sini buku menunya seperti koran.

Di sekitar ruangan dihiasai dengan jeruji besi yang menjadikan suasana penjaranya sangat terasa. Kamu jangan khawatir, di sana tempatnya bersih dan terang, tidak seperti penjara beneran yang kusam dan gelap.

Tidak hanya ruangannya seperti penjara, tempat makanannya pun disajikan memakai piring seng seperti di penjara. Menu kamulan dari restoran ini adalah beef rice claypot atau Penang Fried Noodle. Ada juga Singapore Laksa Noodle yang dijadikan menu favorti di Bong Kopitown. Untuk minumnya, coba kamu pesan teh tarik pasti rasanya nikmat.

Alamat lengkap Bong Kopitown berada di Jalan Sagan Kidul No. 4, DIY. Jam operasionalnya mulai dari jam 10 pagi sampai jam 12 malam. Harganya juga lumayan terjangkau mulai dari 10.000-an

3. The Captain Urban Lounge

The Captain Urban Lounge
spotunik.com

The Captain Urban Lounge sangat menyedot perhatian orang Jogja lokal dan turis yang berlibur di sana. Kenapa bisa demikian? Dibagian depan restoran ada moncong pesawat berbentuk hanggar yang menyita perhatian orang yang lewat di sana.

Pada bagian dalam restoran sebagian areanya ialah badan pesawat Fokker 28, kamu bisa menikmati hiburan live music dan DJ. Bagian kokpit difungsikan untuk tempat live music dan bagian lainnya dipakai tempat makan.

Kamu juga bisa foto di kokpit sembari berimajinasi menjadi seorang pilot pesawat terabang sungguhan. Restoran ini menyajikan beraneka ragam menu makanan ringan atau kudapan uang bisa kamu coba sembari menikmati suasana do dalam pesawat yang unik.

BACA JUGA: 10 Nasi Olahan Maknyus dari Penjuru Nusantara

Kamu juga bisa memesan pasta jika kamu sedang kelaparan. Untuk kudapannya, kamu bisa memesan tacos dan nachos kamulan The Captain Urban Lounge. Alamat restoran ini di Jalan Damai 41, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam operasionalnya dari jam 5 sore sampai jam 12 malam. Unutk harganya mulai dari 20.000 rupiah.

4. Gubug Makan Mang Engking “Serasa Makan di Kastil”

mang engking
gmmangengking.wordpress.com

Jangan pernah unutk melewatkan untuk merasakan menjadi seorang raja atau ratu di Kastil Mang Engking. Restoran ini mengusung suasana seperti kastil kerajaan. Istimewanya dari restoran ini ialah hidangannya adalah udang dan ikan segar yang hidup di kolam yang ada di sekitar kastil. Kamu bisa santai di gubuk bambu yang seperti sebuah pondok.

Jika kamu lebih suka makan di dalam ruangan, makan makan di dalam kastil lebih cocok untu kamu, utamanya ketika sedang hujan atau gerah. Menu kamulah dari restoran ini adalah Udang Bakar Madu. Banyak orang yang sudah merasakan kelezatan dari Udang Bakar Madunya.

Apabila kamu tidak suka makan udang, kamu bisa mencoba Gurame Pesmol. Dihidangkan dengan posri jumbo, dijamin menu yang satu ini bisa membuat perutmu puas.

Sesudah menyantap makanan di sana, kamu bisa mencoba terapi ikan di kolam. Bisa menjadi alternatif pedicure untuk kulit kakimu. Restoran Mang Engking ada beberapa cabang di Indonesia. Tapi, yang ada kastilnya cuma ada di cabang Jogja. Alamat restoran ini di Jalan Soragan No. 13. Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam operasionalnya mulai dari jam 10 pagi sampai 9 malam. Harganya mulai dari 35.000 rupiah.

5. ViaVia Jogjakarta: Tempat berkumpulnya Backpacker

viavia jogja
kumory.blogspot.com

ViaVia merupakan sebuah tempat bertemunya pelancong backpacker yang terkenal di Jojga. Suasananya yang sangat nyaman dilengkapi dengan bantal yang nyaman dan lukisan di dinding yang menjadikan suasana ViaVia seperti di rumah sendiri.

Sesudah kamu lelah jalan-jalan ke sana dan kemari, tak ada ruginya untuk singgah ke tempat ini. Di sini kamu bisa merasakan sajian makan pagi yang lengkap dengan stroberi yang dicelupkan ke cokelat. Untuk pengunjunh yang ingi roti, ViaVia mempunyai bakery dengan ragam pilihan roti. Jika menurut kamu rotinya enak, kamu wajib coba sandwich-nya.

BACA JUGA: 15 Tempat Makan dan Nongkrong di Kota Medan

Untuk kamu yang suka dengan seni, makan kamu pasti akan suka dengan karya seni yang ada di setiap sudut restoran ini. ViaVia banyak mendorong seniman dari bidang apa saja untuk memamerkan karyanya di sana.

Di ViaVia juga disediakan tempat khusus untuk anak-anak bermain. Kamu juga bisa bertukar pengalaman dengan para pelancong lainnya sembari menikmati hidangan lezat di sana. Alamat restoran ini di jalan Prawirotaman No. 30, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam operasionalnya dari jam 07.30 sampai 23.00. Harganya mulai dari 42.000 rupiah.

6. Abhayagiri Restaurant

abhayagiri restoran
trivindo.com

Menikmati hidangan di Abahyagiri kamu akan diberikan pemkamungan yang indah, kamu akan disuguhi pemkamungan Gunung Merapi dan Candi Prambanan. Restoran ini berada di atas bukit. Kamu akan dimanjakan pemkamungan indah Candi Prambanan. Kamu bisa duduk dilaur restoran dan menyaksikan indahnya matahari terbenam sembari menikmati hidangan makan malam ketika kota mulai terang.

Kita sudah tahu, makan sembari ditemani dengan pemkamungan yang indah akan serasa lebih nikmat. Tapi pada kenyataannya, menu makanan di Abhayagiri memang lezat-lezat. Tidak hanya pemkamungan di luarnya saja, di dalam Abhayagiri juga sangat menawan interiornya dengan adanya lampu gantung dan desainnya yang mewah.

Agar suasananya lebih istimewa, coba kamu pesan tempat di pendopo, sebuah tempat privat yang bisa kmau nikamti hanya dengan seorang yang istimewa saja. Kamu bisa juga request pertunjukan tari tradisional juga. Dijamin pemkamungan dan kemewahan yang akan kamu temui di sini akan menjadikan penglamanmu tidak akan terlupakan.

Alamat restoran ini di Sumberwutu Heritage Resort, Dusun Sumberwatu Sambirejo, Prambanan. Jam operasionalnya dari jam 11 siang sampai jam 9 malam. Harganya mulai 42.000 rupiah.

7. Rosella Easy Dining

 Rosella Easy dining
indonesia.tripcanvas.co

Dekorasi alam yang dikelilingi sawah hijau yang terhampar luas ditemani dengan makanan lezat terdengar seperti di surga ya? Di Rosella Easy Dining kamu bisa merasakan itu.

Restoran ini berada jauh dari hingar bingar kota. Sekitarnya disuguhi dengan pemkamungan alam yang indah. Kamu bisa merasakan suasana kedamaian ketika dukuk di teras di bagian luarnya.

Coba kamu pesan Rijstaffel, yakni menu tradisional yang dihidangkan dengan modern. Banyak makanan dengan porsi kecil di menu ini menjadikan kamu seperti makan perasmanan.

Hal yang bisa membuat kamu terkesan dari restoran ini adalah pada juru masaknya yaitu Richie. Dia biasa untuk menyapa semua tamu yang datang ke restoran dan bertanya langsung apa yang ingin dipesan.

Kamu juga bisa belajar memasak di sini dengan arahan langsung dari juru masaknya. Kamu bisa merasakan hasil masakanmu sendiri sembari menikmati romantisnya panorama matahari terbenam.

Lokasi restoran ini berada di Jalan Kabuipaten KM 3,5 No. 50, Kecamatan Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam operasinalnya dari jam 10 pagi sampai jam 11 malam. Harga makanannya mulai dari 42.000 rupiah.

8. Beukenhof Restaurant: Restoran Suasana Museum

beukenhof restoran
piecesofmyjourney.wordpress.com

Terletak di Museum Ullen Sentalu, Kaliurang, Restoran Beukenhof menjadi salah satu tempat daya tarik dari museum ini. Begitu kamu masuk, kamu akan disapa dengan sangat ramah, tidak hanya oleh para sataf, tapi oleh desain interior yang menggambarkan sisa-sisa kejayaan dari era kolonial di Jogja.

Tak hanya desain interiornya yang kental dengan sentuhan kolonial, pernak-pernik yang ada di resotran juga sanagt kental dengan suasana kolonial. Selain dari perabotan dan alat makannya yang khas, menu yang dihidangkan istimewa. Jika kamu sempat mempair ke restoran ini, coba untuk memesan cream soup yang sangat pas unutk dinikmati dengan sejuknya udara di Kaliurang.

Kamu juga bisa untuk mencoba duduk di teras untuk merasakan suasana outdoor-nya. Dari sana kamu juga bisa merasakan pemkamungan indah dari Museum Ullen Sentalu. Alamat restoran ini di Jalan Boyong, Kaliurang, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam operasionalnya jam 11 pagi sampai 17.30 hari senin tutup. Harga makanannya mulai dari 10.000 rupiah.

9. The House of Raminten

the house of raminten
wixstatic.com

Restoran ini adalah tempat yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Restoran ini bergaya jawa tradisional hadir demgan konsep yang tak biasa. Nama dari restoran ini asalnya dari nama Hamzah Salaiman, sang owner yang dikenal dengan karakter yang dipernakannya di pertunjukan Raminten.

The House of Raminten sangat menghargai perbedaan suku, agama, ras, dan lainnya. Suasananya sangat menyenangkan baik suasananya dan makanannya. Para pelayannya memakai pakaian tradisional dari jarit dengan tutur dan prilaku khas dari orang Jawa yang terkenal dengan kekalemannya.

Menu yang wajib kamu coba jika ke sini adalah Koteka, yakni campuran suwiran ayan dan telur yang dibakar ke dalam bambu. Kamu tidak usah terkejut dengan banyaknya dekorasi yang ada di sana. Ada foto-foto raminten yang dipajang di dinding. Alamat dari restoran ini ada di Jalan Alan Faridan Murdian Noto No. 7, Gondo Kusuman, Kota Baru, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam operasioanlnya 24 jam. Harga makanan mulai dari 14.000 rupiah.

10. Jejamuran: Surganya Para Penikmat Jamur

jejamuran
travelingcow.com

Mungkin kamu yang suka sama masakan yang terbuat dari jamur sudah tidak asing lagi dengan jamur tiram, shitake, dan morels. Ketiga jenis jamur itu bisa kamu nikmati di Jejamuran.

Tak banyak restoran yang hidangan utamanya terbuat dari jamur. Beda di Jejamuran, jamur di sini menjadi bahan utamanya. Keripik, sup, omelette, dan minuman segar yang ada di sana ada kandungan jamurnya.

Kamu harus coba sate jamurnya, rasanya gurih dan kenyal sampai kamu tidak akan sadar bahwa sate itu tidak mengandung daging sama sekali. Sesudah merasakan aneka hidangan dari jamur, kamu juga bisa belajar cara budidaya jamur atau bisa juga belanja di toko yang jual beranekaragam jamur. Di tempat ini kamu akan menemukan jamur yang tidak ditemukan di tempat lain.

BACA JUGA: 7 Tempat Makan Enak di Solo, Enaknya Bikin Melongo

Di sana juga ada hiburan acara musik langsung dan acara hiburan lainnya. Kamu bisa merasakan udara yang sejuk. Untuk kamu yang tidak suka jamur, kamu tetap harus mencoba makanan di sini. Lokasi restoran ini di Jalan Magelang KM 11 No. 53 RT 01 RW 20, Niron, Pandowoharjo, Tridadi, Kec. Sleman, DIY. Jam operasionalnya dari 9 pagi sampai 9 malam. Makanannya mulai dari 14.000 rupiah.

11. Roaster & Bear: Untuk Penggemar Beruang

roaster bear jogja
mangajunreny.blogspot.com

Orang yang suka kopi itu banyak, tapi beda halnya dengan pecinta beruang. Sesudah kamu berkunjung ke Roaster and Bear siapapun yang ke tempat ini akan jatuh cinta pada boneka Teddy Bear dengan bulunya yang lembut. Apalagi jika kamu bisa melihatnya di dalam kopi yang kamu pesan.

Disetiap sudut di ruangan cafe ini kamu pasti akan menemukan beruang, baik itu di dinding, di makanan, bahkan ada boneka beraung dengan ukuran jumbo yang bisa kamu ajak selfie bersama.

Coba kamu pesan kopi di sana agar kamu melihat latte art berupa gambar beruang di permukaan kopinya. Tidak hanya kopinya yang enak, makanannya pun perlu kamu coba. Makanan yang istimewa di cafe ini adalah Wagyu Steak yang lumer di mulut kamu.

Gaya dekorasi di cafe ini juga unik penuh dengan ornamen beruang. Alamat cafe ini ada di Jalan P Mangkubumi No. 52, Jetis, DIY. Jam operasional dari jam 11 pagi sampai 11 malam. Harga makanannya dari 28.000 rupiah.

12. II Tempo Del Gelato

tempo gelato
kanekin.co

Jika kamu penggemar es krim, kamu wajib mampir di tempat ini. Gelato yang di sediakan di II Tempo Del Gelato sangat lezat. Kamu harus coba untuk membuktikannya. Coba kamu pesan gelato yang rasanya belum pernah kamu coba. Ada rasa green tea, buah naga, dan kayu manis. Apabila suasana sedang panas, gelato rasa mangga dan raspberi sangat cocok untuk dinikmati.

Meskipun kelihatan kecil, tapi cone mereka bisa muat 2 macam rasa, kamu juga bisa pesan dengan ukuran XXL dengan 5 rasa. Kedai gelato ini sedang populer di antara warga Jogja. Baik itu warga lokal, pelajar hingga turis yang sengaja datang untk menikmati gelato yang disebut-sebut paling enak di Jogja ini.

Antriannya lumayan panjang, tapi tak perlu khawatir, mereka melayaninya cepat. Alamat kedai ini ada di Jalan Prawirotaman No. 43 Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta, DIY. Jam operasional dari jam 11 pagi sampai jam 10 malam. Harga gelatonya mulai dari 21.000 rupiah.

13. Milas: Tempat Makan Untuk Vegetarian

milas jogja
www.njogja.co.id

Tidak seperti restoran lainnya. Milas merupakan gaya hidup. Di restoran ini, kamu bisa menikmati menu vegetarian yang beragam dan inovatif dari hasi kebun yang ada di sana.

Sudah dijamin bahan makanan yang ada di Milas merupakan bahan pilihan yang segar-segar. Kamu bisa juga belanjar sayuran di sana untuk dibawa pulang. Makan di tempat ini tidak hanya soal perut saja, sebab Milas mendukung proyek lokal yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan yang di gagas oleh komunitas di sana.

Semua makanan yang bisa kamu pesan adalah menu vegetarian yang terbuat dari sayuran organik tanpa perasa buatan. Menu yang disajikan juga beragam dengan tampilan makanannya yang cantik. Untuk kamu yang pecinta daging akan terpesona ketika makan di sini.

Sesudah makan, kamu bisa bermain board game atau membaca buku yang disediakan di Milas. Apabila kamu membawa anak, mereka bisa bebas bermain di tamannya yang lumayan laus. Ada juga toko souvenir yang keuntungannya akan diberikan ke kegiatan sosial. Alamat Milas ada di jalan Prawirotaman 4, No. 127B. Parangtritis, DIY. Jam operasional dari jam 11 pagi sampai 10 malam. Harga makanannya mulai dari 21.000 rupiah.

14. Mi Casa Es Tu Casa Resto

Mi Casa Es Tu Casa Resto
indonesia.tripcanvas.co

Arti dari Mi Casa Es Tu Casa artinya rumahku adalah rumahmu juga. Suasana resto ini seperti berada di rumah sendiri. Owner dari resto ini adalah orang Spanyol yang ramah.

Di resto ini kamu akan menemukan makanan Spanyol dan Mediterianian asli di Jogja. Ada menu makanan yang unik yang tidak akan ditemukan sekalipun di Spanyol yaitu ular! Benar, ular piton dan kobra bisa kamu pesan di sini.

Di resto ini juga ada galeri batik yang bisa kamu kunjungi untuk memperoleh produk yang unik. Lokasi resto ini ada di Sosrowijayan Wetan GTI/141, DIY. Jam operasional dari jam 8 pagi sampai 10 malam. Harga makanan di sini mulai dari 14.000 rupiah.
Itulah 14 tempat makanan enak dengan suasananya yang enak juga yang bisa kamu coba jika berkunjung ke Jojga. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Leave a Comment