7 Tempat Makan Enak di Solo, Enaknya Bikin Melongo

Salah satu kota di Pulau Jawa yang menjadi destinasi wisata budaya selain Jogja adalah Solo. Kota ini terletak di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya ada di bagian selatan. Solo hampir sama dengan jogja, ada Keraton yang dulunya merupakan sebuah kerajaan.

Tapi, saat ini Solo menjadi sebuah kota yang menawarkan berbagai tempat wisata indah dan juga keramahan dari masyarakatnya. Kamu tentu pernah mendengar kalau ada pepatah Jawa yang bunyinya “alon-alon asal kelakon“. Nah, pepatah itu cocok sekali kalau kamu melihat kehidupan di Solo, penuh keramahan dan berbicaranya juga pelan-pelan.

Sambil berwisata di Kota Solo dan beramah-tamah dengan penduduk di dalamnya, kamu juga harus mencoba makanan enak di sini. Ada banyak lho makanan yang harus kamu coba kelezatannya. Bahkan, saking enaknya bisa-bisa kamu melongo menikmati sensasi rasanya.

1. Timlo Solo

kuliner83.com

Seperti namanya, makanan ini adalah salah satu makanan khas dari Kota Solo, namanya timlo.Timlo merupakan makanan berkuah dan bercitarasa gurih. Di dalam timlo, kamu akan menemukan sosis, irisan telur dadar, telur rebus, suwiran ayam goreng, ati ampela, dan beberapa bahan lainnya.

Nah, salah satu warung timlo yang cukup terkenal di Solo adalah Timlo Solo. Tempatnya ada di Jalan Urip Sumoharjo 94, Solo, Jawa Tengah. Tempat ini sudah banyak dikenal dan digemari oleh masyarakat khususnya dari Solo dan kota-kota sekitarnya lho.

Di Timlo Solo, kamu akan menikmati perpaduan antara kuah gurih dari timlo dan nasi putih hangat. Tidak lupa, segelah es teh menjadi penyegar setelah menikmati timlo. Penasaran? Langsung saja menuju ke warungnya, lalu rasakan sendiri kelezatan rasanya yang sudah melegenda.

2. Selat Solo Mbak Lies

shintadaniel.wordpress.com

Salah satu makanan yang nggak menggambarkan tempat adalah selat Solo. Padahal, di Solo itu nggak ada selat-nya, tapi nama makanan ini adalah selat Solo. Walaupun begitu, tapi makanan yang satu ini sayang banget kalau nggak kamu cobain waktu berkunjung ke Kota Solo.

Warung yang cukup terkenal dan menyajikan makanan ini adalah Selat Solo Mbak Lies. Alamatnya ada di Jalan Veteran, Gang Yudistira II No. 42, Cerengan, RT/TW 03/02, Surakarta, Jawa Tengah. Kalau mau datang, tempat ini buka dari jam 10 pagi sampai 5 sore ya, jangan salah dateng malem-malem ke sini.

Selat Solo Mbak Lies merupakan warung makan yang bisa dibilang cukup legendaris lho. Banyak penggemarnya yang datang dari luar kota hanya untuk memanjakan lidah dan menikmati kelezatan selat Solo di tempat ini.

Di dalam Selat Solo Mbak Lies, kamu akan menemukan irisan daging sapi yang banyak dan tentu saja empuk. Selain itu, ada juga wortel, kentang goreng, telur pindang, selada, tomat, dan beberapa bahan lain. Semua bahan tersebut berpadu dengan kuahnya yang gurih dan menyegarkan.

3. Serabi Notosuman

piknikdong.com

Serabi makanan ringan yang cocok dimakan bersama dengan teh atau kopi hangat. Dan, ada satu tempat terkenal yang menjual kue serabi ini di Solo, namanya Serabi Notosuman.

Serabi Notosuman terletak di Jalan Mr. Muhammad Yamin, Surakarta, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Tempat ini menjajakan salah satu makanan khas yang bentuknya bundar dan memiliki rasa manis gurih. Dimasak dengan menggunakan tungku arang yang jadul, tetapi memiliki rasa yang nggak kalah sama makanan modern.

Kue ini biasanya dijadikan sebagai buah tangan ketika sedang berkunjung ke Solo. Nah, kalau kamu bawakan untuk keluarga, beli yang banyak sekalian, karena nggak cukup cuma makan satu aja lho. Belum lagi yang makanan bukan kamu aja kan?

4. Sate Kambing Mbok Galak

zakisetiawan.wordpress.com

Sate kambing mungkin sudah biasa ya, karena hampir di tiap kota ada. Tapi, di Solo ada salah satu warung yang menjual sate kambing dan cukup terkenal lho, namanya Sate Kambing Mbok Galak. Tempat ini berada di Jalan Ki Mangun Sarkoro Mo. 122, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Menu kamulannya adalah sate kambing dengan rasa yang tentu lezat dan enak.

Walaupun namanya Sate Kambing Mbok Galak, tempat ini juga menyediakan menu lain yang bisa kamu pesan kok. Ada tengkleng, sate buntel, tongseng, gule, dan menu menggoda lainnya. Satu porsi sate biasanya berisi 10 tusuk sate, tentu tidak ketinggalan siraman bumbu yang akan menambah kelezatan menu olahan kambing ini.

5. Nasi Liwet Wongso Lemu

diahdidi.com

Kalau dengar nama nasi liwet, tentu kamu sudah nggak asing lagi kan? Itu lho, nasi yang memiliki rasa guris dan dilengkapi dengan berbagai macam lauk dan pelengkap. Kamu akan menemukan nasi, suwiran ayam, telur rebus, sayur labu, dan areh. Semua bahan tersebut berpadu dan menjadikan rasa nasi liwet menjadi semakin mantab.

Nah, ternyata, di Solo ada tempat yang menjual nasi liwet terkenal lho, namanya Nasi Liwet Wongso Lemu. Kalau mau merasakan kelezatannya, langsung aja dateng ke Jalan Teuku Umar, Keprabon, Solo, Jawa Tengah. Di sana kamu akan menemukan warung yang namanya sudah melegenda karena sudah ada sejak tahun 1950.

6. Soto Seger Mbok Giyem

adeknakemal.blogspot.co.id

Hampir di semua daerah di Indonesia ada makanan berkuah ini. Di Solo pun juga ada, dan yang terkenal adalah Soto Seger Mbok Giyem. Terletak di Jalan Bhayangkara, Tipes, Solo, Jawa Tengah. Warung ini buka dari jam 6 pagi sampai jam 12 siang aja lho. Jadi jangan sampai telat datang ya, takutnya nanti udah jauh-jauh datang tapi malah kehabisan atau warungnya sudah tutup.

Warung Soto Seger Mbok Giyem menyediakan soto dengan kuah yang bening dan rasanya gurih. Di dalam sotonya, terdapat nasi, potongan daging, tauge, daun seledri, bawang merah goreng, dan kuah yang segar. Selain soto sebagai menu utama, kamu bisa memesan teman-temannya juga lho, salah satunya adalah tempe goreng yang enak.

7. Sate Kere Yu Rebi

efekgila.com

Biasanya, sate terbuat dari daging ayam atau kambing, tetapi di Solo ada lho sate yang bahannya bukan pakai daging, tetapi tempe gembus. Nah, karena menggunakan tempe gembus, akhirnya sate ini diberi nama sate kere. Kere karena nggak pakai daging sebagai bahan utamanya. Selain tempe gembus ada juga yang menggunakan jeroan sapi, tapi tetep aja masih kere lah ya.

Nah, di Solo ada tempat yang cukup terkenal menyediakan sate ini, namanya Sate Kere Yu Rebi. Tempatnya gampang dicari kok, langsung saja menuju Stadion Sriwedari Solo. Warung ini ada di belakang stadion. Warung Sate Kere Yu rebi ini buka dari jam 10 pagi sampai 9 malam. Jadi, saat malam-malam dan pengen makanan hemat, dateng aja ke tempat ini.

Sate Kere Yu Rebi ini disajikan bersama dengan lontong dan sambal kacang kok. Ya, walaupun kere, tapi tetap harus kenyang dong, hehehe.

Nah, dari beberapa tempat itu, kamu paling penasaran sama yang mana? Kalau bisa mah datangin aja semuanya, mumpung masih di Solo lho. Biar kamu nggak kebayang sampai kebawa mimpi. Selamat berwisata kuliner 🙂

Leave a Comment