12 Tempat Makan Enak di Semarang, Perut Kenyang Hati Tenang

Pernahkah kamu jalan-jalan di Kota Semarang, Jawa Tengah? Ngapain aja di sana? Berwisata ke tempat bersejarah atau mengunjungi wisata alam di Semarang? Atau mungkin, kamu berburu kuliner enak yang ada di Kota Lumpia ini?

Apapun alasan berkunjung ke Semarang, tentu akan terasa kurang jika kamu nggak mencicipi cita rasa makanan khas di kota ini. Apalagi, di Semarang banyak sekali tempat makan yang bisa memuaskan hasrat dan rasa penasaran akan kekayaan rasa Indonesia.

Kamu bakal nemuin banyak tempat makan yang mungkin tidak akan kamu dapatkan ketika berkunjung ke kota lain. Walapun makanan yang kamu makan itu sama lho, tapi pasti ada rasa yang berbeda, tentu rasa Semarang dengan kenangan yang ada di sana. Bukan kenangan mantan ataupun adek-adekan lho ya, tapi kenangan masakan yang membuat kamu pengen merasakannya lagi.

Kalau kamu lagi bingung mencari tempat makan yang ada di Semarang, berikut ini ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi. Tentu rekomendasi tempat ini merupakan kuliner yang sudah teruji cita rasanya lho ya. Jadi nggak perlu ragu buat dateng dan buktikan sendiri kelezatan masakannya.

1. Soto Bangkong

millimakanmulu.blogspot.co.id

Soto Bangkong merupakan salah satu tempat makan yang perlu kamu coba ketika berkunjung ke Semarang. Warung soto ini sudah ada sejak tahun 1950-an lho, jadi rasa dari masakannya tidak perlu kamu ragukan lagi.

Dalam Soto Bangkong, kamu akan menemukan kuah gurih, bihun, suwiran ayam, irisan bawang, dan bawang goreng. Rasanya tentu akan menggoyang lidah kamu dengan kelezatannya. Penasaran rasanya? Langsung saja datang ke Jalan Bangkong, atau sekarang namanya Jalan Brigjen Katamso.

2. Mangut Welut Bu Nasimah

Mangut Welut Bu Nasimah
semarangpedia.com

Kalau biasanya mangut itu terbuat dari lele, di Semarang ada mangut yang bahan dasarnya adalah belut lho. Warung yang terkenal menjual mangut belut di Semarang adalah Mangut Welut Bu Nasima. Nama welut merupakan bahasa Jawa dari belut.

Warung Mangut Welut Bu Nasimah ini ada di Jalan Menoreh No. 10, Sampangan. Buat kamu yang suka pedes, coba deh kunjungi tempat ini, karena ada dua jenis mangut yang bisa kamu coba. Mangut yang pedesnya biasa aja sama mangut super pedas, yang tentu akan membuat kamu berkeringat ketika memakannya.

3. Mie Ayam Ceker dan Balungan Bu Sum

Mie Ayam Ceker dan balungan Bu Sum
kabarkuliner.com

Warung mie ayam ini terletak di Jalan Raya Unta, Semarang. Mie yang disajikan sedikit berbeda dari mie ayam biasanya, karena menggunakan ceker dan juga balungan. Keunikan tersebut tentu akan menambah rasa penasaran untuk mencoba makanan yang satu ini.

Kamu bisa menikmati semangkuk mie ayam beserta cekernya yang empuk lho. Bahkan, dalam satu mangkuk mie ayam, kamu bisa mendapatkan lima buah ceker. Penasaran? Langsung aja dateng ke Semarang.

4. Soto Ayam Pak Darno

anggielian.blogspot.co.id

Walaupun di tempat lain juga ada soto, tapi di Semarang ada satu warung soto yang akan menggugah selera makan kamu, namanya Soto Ayam Pak Darno. Warung soto ini terletak di Jalan Mh. Thamrin No. 88b, Semarang.

Setelah kamu mencicipi rasa dari soto ayam di tempat ini, mungkin kamu akan ketagihan dan mau tambah lagi. Apalagi dengan adanya pelengkap seperti sate ayam dan sate kerang. Tentu dua sate tersebut akan menambah kelezatan dari gurihnya kuah soto.

5. Lumpia Semarang

masukdapur.com

Semarang merupakan kota yang terkenal dengan lumpia nya. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam jenis lumpia, baik yang kering atau basah. Tapi, kalau memilih warung lumpia, pastikan kehalalannya ya.

Jika kamu ingin mencoba citarasa lumpia Semarang, langsung aja dateng ke Jalan Mataram atau Jalan Kedungmundu Raya No. 16, Semarang. Di sana kamu bisa memilih mau lumpia isi apa dan tentu bisa dijadikan juga sebagai oleh-oleh.

6. Mie Kopyok Pak Dhuwur

ksmtour.com

Buat kamu penggemar mie, di Semarang juga ada lho warung yang menyajikan mie, namanya Mie Kopyok Pak Dhuwur. Terletak di Jalan Tanjung, atau seberang kantor PLN Pemuda, warung ini sudah banyak penggemarnya. Menyajikan mie dengan rasa yang gurih berpadu dengan manis dan terasa lezat di lidah orang Indonesia.

7. Nasi Gandul Pak Subur

jesselynafer.blogspot.co.id

Jika kamu ingin merasakan kuliner Semarang yang murah meriah, coba deh dateng ke Jalan Ahmad Dahlan. Di tempat tersebut ada warung yang menjual nasi gandul, terkenal dengan nama Nasi Gandul Pak Subur.

Nasi gandul biasanya akan disajikan menggunakan alas daun pisang dan disantap memakai sendok yang juga terbuat dari daun pisang. Seporsi nasi gandul biasanya akan terdiri dari nasi dan juga lauk serta sambal. Cocok banget dimakan pas lagi laper, terus minumnya es jeruk, pasti seger deh.

8. Tahu Gimbal

hellosemarang.com

Kalau ke Semarang jangan lewating makan tahu gimbal ya. Walaupun merupakan jajanan kaki lima, tapi rasanya nggak kalah kok sama bintang lima. Kamu bisa mencari pedagang tahu gimbal di sekitar Taman KB, Jalan Menteri Supeno, depan SMA 1 Semarang, atau di kawasan Simpang Lima Semarang.

Kalau mau yang pasti rasanya, langsung aja dateng ke Tahu Gimbal Pak Edi yang ada di Jalan Pahlawan. Kamu akan mendapatkan tahu goreng, lontong, telur, gimbal, tauge, irisan kol, dan kuah bumbu kacang dalam satu porsi tahu gimbal.

9. Babat Gongso Pak Karmin

iqbalkautsar.com

Babat gongso merupakan salah satu makanan tradisional yang bahannya adalah babat. Warung makan di Semarang yang terkenal menyajikan babat enak adalah Babat Gongso Pak Kamrim. Terletak di dekat Jebatan Mberok, kawasan kota lama Semarang. Kalau penasaran rasa dari babat gongsonya, jangan malu-malu lho, langsung aja datengin tempatnya.

10. Tahu Pong

goodindonesianfood.com

Kalau kamu malam-malam kelaparan dan males makan berat dan pengen camilan, coba deh makan tahu pong. Kamu bisa muter-muter di daerah Jalan Depok, Semarang. Lumayan tuh makan tahu pong, perut nggak terlalu kenyang, lapar pun juga jadi hilang.

11. Pecel Bu Sumo

openrice.com

Pecel sebenernya bukan makanan asli Semarang, tapi di kota ini ada lho warung pecel yang enak. Letaknya ada di Jalan Kyai Saleh No. 8, Semarang, namanya Pecel Bu Sumo.

Warung pecel ini bisa dibilang udah jadi legenda lho. Gimana nggak legenda, warungnya aja udah ada sejak 1965, tentu rasanya sungguh enak. Perpaduan sayuran dan bumbu kacangnya pas dan enak. Apalagi kalau ditambah lauk sebagai pelengkap.

12. Kue Leker Paimo

kecupmanis.com

Kalau dari tadi makan berat terus, sekarang saatnya cari camilan. Salah satu camilan yang perlu kamu cobain kalau sudah sampai di Semarang adalah Kue Leker Paimo. Tempatnya ada di Jalan Karanganyar No. 37, Semarang, atau tepatnya di depan SMU Kolose Loyola.

Selain enak, kue leker yang ada di Semarang ini ternyata bisa request ketebalannya lho. Kamu bisa meminta mau tebal atau tipis kue keler pesananmu nanti.

 

Leave a Comment