Pola makan sehat

Belajar Pola Makan Sehat Untuk Hidup yang Lebih Baik

Pola Makan Sehat – Anugerah kesehatan merupakan sebuah nikmat yang sangat berharga dan tidak bisa kalian nilai dan tukar dengan apapun. Dengan kondisi yang sehat yang kalian miliki, kalian dapat melakukan berbagai macam hal di kehidupan kalian sehari hari.

Nilai pentingnya kesehatan haruslah diimbangi dengan rasa syukur untuk merawatnya. Salah satu cara dan bentuk syukur terhadap anugerah kesehatan yang diberikan ialah dengan menjaga kesehatan itu sendiri. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, mulai dari berolahraga secara rutin, beristirahat dengan cukup dan juga menerapkan pola hidup dan pola makan sehat.

Pola makan sehat merupakan sebuah kebutuhan yang harus dijalankan demi menjaga kesehatan, bukan hanya sekedar trend yang sedang berkembang saat ini. Dengan menjaga pola makan sehat sama saja dengan berinvestasi untuk masa tua nanti, karena kesehatan itu sangatlah mahal harganya dan harus dirawat sejak usia muda.

Dengan menjaga pola makan sehat, akan menurunkan kemungkinan kalian untuk terkena penyakit penyaktit berbahaya atau mematikan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, stroke, ataupun diabetes. Hampir semua penyakit berbahaya tersebut disebabkan oleh pola makan  dan polah hidup yang tidak sehat.

Bagi kalian yang tertarik dan ingin memulai menerapkan pola makan sehat, berikut informasinya:

1. Buat Rencana Pola Makan Kalian

pola makan sehat
iacpublishinglabs.com

Untuk memulai sesuatu, terlebih lagi merubah kebiasaan tentu memerlukan effort yang sangat besar. salah satu strategi yang dapat diterapkan ialah dengan membuat rencana atau planning. Sehala sesuatu yang direncanakan tentu akan dapat menghasiikan sesuatu yang lebih baik pula. Selanjutnya tinggal menguatkan komitmen untuk tetap pada rencana.

Rencana pola makan sangatlah penting untuk kalian buat agar segalanya dapat terkontrol dengan baik. kalian dapat membuat rencana atau jadwal yang mengatur gaya hidup kalian, mulai dari  memasukkan makanan sehat, olahraga, dan waktu untuk beristirahat dan berelaksasi ke dalamnya dengan detail. Berikut beberapa tips untuk menyusun planning:

  • Pada saat membuat rencana, kalian dapat memasukkan kebiasaan sehat pda sebuah Buku Harian Makan. nantinya kalian bisa membuat rencana untuk tiga makanan utama yang alami dan sehat serta dua camilan sehat setiap harinya.
  • Usahakan untuk memasukan makanan yang memenuhi semua kebutuhan gizi stkamur untuk menunjang kesehatan dan kondisi tubuh seperti makanan yang mengandung cukup protein, vitamin, dan serat pada daging rendah lemak atau kacang-kacangan, serta buah dan sayur-sayuran.
  • Alokasikan waktu untuk menjalani aktivitas fisik demi menunjang kebugaran seperti berjalan kaki atau joging. Kalian dapat mengalokasikan minimal tiga puluh menit sehari untuk melakukan kegiatan tersebut. Selain itu, angan lupa untuk meluangkan waktu beristirahat dan berelaksasi sejenak, lakukan kegiatan santai seperti membaca buku atau melihat pemkamungan sekitar.
  •  Simpanlah camilan sehat sebagai pengganti makanan kecil kalia. Beberapa buah buahan seperti apel atau sayuran di meja sangat berguna untuk mencegah nafsu makan kamu yang tidak terkontrol dan sehat tentunya.
  • Sesekali, izinkan diri sendiri untuk memakan makanan yang tidak termasuk ke dalam menu sehat yang ada tulis. Satu hari memakan makanan rendah gizi (junk food) akan mengobati sedikit rasa penasaran kalian.

Baca Juga : Adab Makan dan Minum

2. Makan Menu Sayur dan Buah Segar

Pola makan sehat
kompasiana.com

Menu Sayur dan buah  menjadi salah satu makanan yang paling sehat dan alami. Kedua jenis makanan tersebut sangatlah sehat karena hampir tidak ditemukan kandungan yang berbahaya bagi tubuh kalian. Akan lebih baik lagi jika kalian memilih sayuran dan buah-buahan yang segar agar nutrisi yang ada di dalamnya masih terjaga.

Degan mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya akan membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kondisi tubuh kalian.

3. Menu Ikan dan daging

Pola makan sehat
Daging

Zat protein merupakan kandungan yang sangat penting bagi tubuh. Protein dapat kalian dapatkan dengan mengonsumsi ikan laut segar atau daging segar. Selain berasal dari daging, protein juga bisa diperoleh dari tumbuhan yag sering disebut dagan protein nabati. Beberapa sumber protein nabati antata lain kedelai yang diolah menjadi tempe dan tahu.

Baja Juga : Mual Setelah Makan

4. Mengatur Jam Makan

pola makan sehat
sehatnatural.co.id

Pola jam makan dengan waktu yang teratur juga menjadi bagian penting dalam menjalani pola makan sehat. Sebagai contoh misalnya jadwal sarapan pada pukul 08.00 pagi, makan siang pada pukul 13.00 dan makan malam pada pukul 19.00.

Selain baik untuk kesehatan, jadwal makan yang teratur juga secara tidak langsung akan membuat jadwal kegiatan yang lainnya menjadi lebih teratur dengan mengikuti jam makan yang kalian tentukan. Hal yang tak aklaah penting ialah untuk tidak tidur setelah makan, agar organ pencernaan bekerja dengan baik. Usahakan untuk menghindari makan malam diatas jam 20.00 agar tidak terjadi penimbunan lemak pada tubuh.

5. Mengkonsumsi Karbohidrat dengan  Secukupnya

pola makan sehat
Khasiat.co.id

Zat Karbohidrat memang merupakan salah satu sumber tenaga yang diperlukan tubuh, namun hal ini bukan berarti kalian harus memakannya secara berlebihan. Nantinya karbohidrat akan diproses untuk menjadi glukosa atau zat gula. Asupan gula yang berlebihan akan sangat berpeluang untuk memicu penyakit diabetes. Kalian dapat menggantikan nasi dengan sumber karbohidrat lainnya yang lebih aman seperti dari jagung dan kentang. Sumber karbohidrat dari jagung dna kentang akan lebih baik dikonsumsi untuk para penderita diabetes.

6. Konsumsi air putih secukupnya

pola makan sehat
http://papasemar.com

Untuk menjaga pola makan sehat, meminum air putih sangat penting. Usahakan untuk meminum air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh kalian karena setiap orang melakukan aktifitas yang berbeda. Kalian dapat  merasakan jika terkena dehidrasi maka saat itulah tubuh kamu kekurangan cairan tubuh. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup bisa akan sangat  membantu memperlancar pencernaan dan menjaga kesegaran tubuh kalian.

Baca Juga : Doa Sebelum dan Sesudah Makan

7. Hindari Junk Food dan Makanan Berlemak

pola makan sehat
BBC.com

Disaat menjaga pola makan sehat, salah satu makanan yang harus dihindari ialah junk food atau makanan rendah nutrisi, namun sayangnya jenis makanan yag satu ini malah menjadi makanan yang paling populer didunia. Adapun selain junk food, makanan yang berlemak juga harus kalian hindari. kandungan lemak berlebih pada tubuh hanya akan menghasilkan tumpukan kolesterol jahat pada tubuh kalian, yang mana kapan saja akan menjadi ancaman berbahaya bagi tubuh kalian.

Nah itulah beberapa langkah yang dapat kalian terapkan dan applikasikan dalam melakukan pola makan sehat secara bertahap di keseharian. Namun harus tetap diingat bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik meskipun hal tersebut baik secara kandungan.

Dengan menerapkan pola makan sehat ini kalian bisa mengontrol kesehatan tubuh dengan baik serta mengurangi resiko terkena penyakit yang mematikan dan berbahaya seperti kolesterol, diabetes, stroke, tekanan darah tinggi, dan banyak lagi lainnya.

Jika pola makan sehat ini bertujuan untuk untuk menurunkan berat badan, usahakan untuk melakukannya dengan benar sesuai kekuatan tubuh kalian dalam menekan jumlah kalori yang dibutuhkan. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Comment