Peluang Usaha Es Krim Murah

Mau Bisnis Es Krim? Yuk Intip Peluang dan Potensi Pasarnya

Peluang usaha es krim – Siap yang tak menyukai es krim? hampir semua orang di dunia ini pasti pernah mencoba kelezatan es krim tak terkecuali masyarakat Indonesia. Es krim adalah makanan yang sangat digemari oleh seluruh kalangan usia baik anak-anak, remaja, maupun orang tua.

Saat ini semua orang bisa membuat aneka macam es krim karena sudah ada mesin pembuatnya yang dengan cepat mengolah bahan baku menjadi es krim. Buat kamu yang saat ini mempunyai keinginan untuk berbisnis, peluang usaha es krim mungkin adalah solusinya.

Peluang Usaha Es Krim yang Menggiurkan

Peluang Usaha Es Krim
business2comunnity.com

Di pasaran sudah banyak ditemukan bahan baku pembuat es krim berbagai merk dalam bentuk serbuk dengan aneka rasa yang ditawarkan. kamu hanya perlu mencampurkan serbuk tadi dengan air, maka es krim siap dibekukan dalam pendingin dan siap dikonsumsi.

kamu harus bisa menentukan bahan baku es krim yang berkualitas  agar hasil yang didapatkan bisa maksimal dan bisa laku dijual kepada konsumen kamu.

Dilihat dari teksturnya, ada 2 jenis es krim yang bisa kamu buat, yaitu soft ice cream (lembut) dan hard ice cream (keras). Keduanya memiliki perbedaan dalam cara pembuatannya.

Untuk soft es krim mempunyai tekstur lembut sehingga dalam pembuatannya membutuhkan mesin cone ice cream. Sementara hard ice cream teksturnya keras jika dibekukan dalam freezer sehingga dalam penyajiannya pun memakai skop es krim.

Poin plus dari es krim jenis keras ini adalah tidak memerlukan mesin untuk membuatnya. kamu cukup menggunakan mixer lalu dibekukan dalam freezer. Selain itu, es krim jenis ini bisa diolah menjadi berbagai menu seperti es krim goreng, rujak es krim, mochi es krim dan lain sebagainya.

Memanfaatkan Peluang Usaha Es Krim

Peluang Usaha Es Krim Murah
youtube.com

Kunci keberhasilan berbisnis es krim sehingga mampu bersaing dengan para kompetitor yang sudah terlebih dulu eksis di pasaran adalah membuat sebuah inovasi baik dalam bentuk, harga, atau rasanya.

Memodifikasi rasa atau tampilan es krim menjadi lebih unik dan tidak dimiliki oleh kompetitor bisa menambah nilai jual tanpa harus mengesampingkan citarasa es krim yang dingin dan enak.

Nilai Plus Berbisnis Es Krim

Peluang Usaha Es Krim Murah Meriah
indiafillings.com

Untuk mewujudkan mimpi kamu mengeruk keuntungan dari peluang usaha es krim, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan menjadi langkah kesuksesan kamu, berikut selengkapnya :

Sederhana, Tak Perlu Ribet

Saat ini peluang usaha es krim yang paling ngetrend yaitu ice cone karena selain harganya murah, peminatnya pun banyak. kamu cukup membeli mesin cone dengan harga 3,5 juta rupiah lalu menyewa tempat di swalayan. Keuntungan yang didapat per bulan ditaksir mencapai 4,5 juta rupiah.

Tidak Memerlukan Banyak Modal

Banyak orang yang mengkhawatirnya bahwa mengawali sebuah usaha itu memerlukan banyak modal dan SDM. Jangan khawatir, peluang usaha es krim ini tidak membutuhkan banyak uang.

Apabila dirinci, inilah modal yang harus kamu persiapkan :

  • Freezer : Rp. 1.500.000,-
  • Mixer : Rp. 450.000,-
  • Wadah & Sendok Es Krim : Rp. 50.000,-
  • Baskom : Rp. 50.000,-

Jika ditotal, biaya yang dibutuhkan adalah sekitar 2 juta rupiah. Tambahan sebesar 350.000 rupiah untuk membeli perlengkapan khusus bagi kamu yang ingin memasarkannya dengan berjualan keliling untuk membeli box es krim dan pendingin.

Namun jika ingin berjualan di tempat maka perlu tambahan sekitar 750.000 rupiah untuk membeli sendok, piring, gelas dan juga perlengkapan seperti meja dan kursi. Setelah dijumlah semua, modal yang dikeluarkan tidak lebih dari 3 juta rupiah.

Profit yang Menggiurkan

Dengan estimasi modal di atas, kita bisa mendapat keuntungan sekitar 3 juta rupiah per bulan atau 100 ribu rupiah per hari. Rinciannya adalah sebagai berikut :

Hasil penjualan : 100 cup x 2.000 = Rp. 200.000,-

Bahan baku : Rp. 80.000,-

Listrik dan air : Rp. 10.000,-

Gelas es krim : Rp. 10.000,

________

Keuntungan bersih : Rp.100.000,-/hari

Target Pasarnya Jelas

Hal ini juga sangat penting sebelum kamu membuka usaha, melihat target pasar. Karena olahan es krim ini digemari oleh semua kalangan, maka kamu perlu mengolah es krim dengan teliti dan menyesuaikan dengan target pasar.

Untuk lokasi kamu bisa melakukan riset ke berbagai tempat yang sekiranya produk es krim bisa laku terjual. Tempat seperti kampus, mall, sekolah, kolam renang dan kafe punya potensi bagus dalam bisnis es krim kamu.

Karena negara Indonesia beriklim tropis, maka hal ini menjadi nilai plus yang bisa mendukung kamu dalam berjualan es krim.

Varian Menarik Dari Es Krim

Peluang Usaha Es Krim Menarik
theodysseyonline.com

Strategi yang diterapkan dalam berbisnis es krim harus berbeda dengan para kompetitor kita. Olahan es krim dengan rasa yang lain seperti memanfaatkan bahan tradisional  misalnya es krim ubi jalar, ubi ungu sampai es krim pisang.

Jenis es krim yang sedang booming saat ini adalah es krim goreng. Banyak ditemukan penjual es krim ini di mall dengan harga yang cukup mahal. Memang untuk membuat es krim goreng ini diperlukan kreativitas tinggi, namun jika berhasil, bisnis kamu akan semakin berkembang.

Mengawali Bisnis Es Krim

Peluang Usaha Es Krim Modal Kecil
wheretoeat.com.sg

Peluang usaha es krim ini memang tak pernah lekang oleh waktu karena sudah menjadi kebutuhan atau jajanan yang selalu dicari semua kalangan di Negara Indonesia yang memiliki iklim tropis.

Lalu bagaimana jika sedang musim penghujan? kamu takut jika es krim yang kamu jual tidak laku? Jangan khawatir, konsumen yang masuk dalam pasar penjualan es krim ini sangatlah luas tanpa mengenal musim.

Tips Membuat Es Krim Tanpa Mesin

Peluang Usaha Es Krim Modal Murah
youtube.com

Jika kamu belum bisa membeli mesin es krim, kamu bisa membuatnya manual tanpa menggunakan mesin khusus. Banyak orang mengira untuk membuat es krim itu sangatlah sulit. Sebagian orang akhirnya memilih cara bubuk premix es krim yang bisa langsung jadi secara instan.

Padahal es krim rumahan yang dibuat sendiri adalah pilihan tepat karena terjamin kesehatannya (bahan yang digunakan bisa kamu pilih sendiri yang berkualitas).

Bahan Membuat Es Krim Susu Tanpa Mesin

  • Susu cair 100 ml
  • Gula pasir 1/4 gelas
  • Krim kocok secukupnya
  • Vanili 1 sdt
  • Es batu geprak kira-kira 2 gelas
  • Garam kasar 3/4 gelas
  • Plastik ziploc/klip ukuran besar dan sedang

Langkah Membuat Es Krim Susu

  • Masukkan semua bahan dalam wadah, kocok dengan cara manual atau menggunakan mixer agar semua bahan bisa tercampur secara rata.
  • Jika sudah tercampur, pindahkan adonan es krim ke media plastik klip ukuran sedang, tutup dengan rapat.
  • Langkah selanjutnya yaitu memasukkan es batu dan garam dalam plastik klip berukuran besar.
  • Masukkan plastik klip sedang (adonan es krim) ke dalam plastik klip besar (es batu dan garam).
  • Kocok plastik klip secara perlahan (jangan sampai pecah) sampai adonan es krimnya mengeras dan membentuk tekstur es krim.
  • Buka klipnya dan tuangkan eskrimnya dalam wadah. es krim susu siap disantap bersama keluarga kamu.

Itulah yang bisa saya jelaskan mengenai peluang usaha es krim dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Leave a Comment