5 Menu yang Ternyata Tidak Baik Dikonsumsi pada Bulan Puasa

Menu yang Dilarang Saat Puasa – Bulan Ramadhan merupakan sebuah moment yang paling indah, karena di bulan ini banyak sekali kuliner Indonesia yang ditawarkan ketika hendak menjelang buka puasa. Setelah seharian kita berpuasa dengan segudang aktifitas yang sangat melelahkan, apalagi ditambah perut yang cenat-cenut menahan rasa lapar. Hal ini membuat mata dan kantong kita ikut tergerak untuk merasakan setiap makanan lezat yang kita lihat.

Rasanya semua menu ingin kita lahap, mulai dari beragam es, gorengan, kolak, bubur kacang hijau, hingga berbagai macam makanan berat saat berbuka puasa. Kita juga cenderung untuk lebih memilih makanan yang sederhana dan tidak membutuhkan banyak waktu saat memasaknya pada saat sahur.

Hal ini sangat disayangkan, karena tidak semua menu yang menjadi favorite kita itu baik untuk dikonsumsi saat puasa loh. Mungkin di lidah rasanya sangat lezat dan mungkin ketagihan, namun belum tentu enak diperutkan. Bukannya enggak memperbolehkan untuk mengkonsumsi berbagai menu ini saat berbuka puasa, tapi sebaiknya kita harus menghindari agar puasa yang kita jalankan dapat berjalan dengan lancar.

1. Minuman Dingin

Makanan Tidak Sehat
500px.com

Berbuka dengan minuman dingin sangatlah menyegarkan. Namun apakah baik untuk kesehatan tubuh pada saat melaksanakan ibadah puasa ? Ternyata langsung minum air es atau minuman dingin lainnya saat berbuka puasa akan menyebabkan kontraksi pada lambung kita yang akhirnya dapat membuat kita merasa kenyang, padahal kita belum mengkonsumsi makanan yang sifatnya berat.

Solusi yang lebih baik adalah dengan mengkonsumsi air hangat. Air hangat sangat bagus dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Karena dapat membantu lambung untuk beradaptasi setelah perut kosong seharian.

Jadi bagi kamu yang masih mengkonsumsi minuman yang dingin pada saat berbuka puasa, tolong ditahan dulu yah. Kan habis sholat tarawih bisa tuh dan waktunya lebih panjang dan longgarkan. Lebih baik mencegah daripada harus mengobati. Karena bisa panjang urusannya jika sakit di Bulan Ramadhan. 

BACA JUGA : 7 Makanan yang Disajikan dengan Daun Pisang

2. Gorengan

Makanan Berbahaya
500px.com

Nah kalau makanan yang satu ini siapa sih yang enggak kenal. Kayanya orang Indonesia memang enggak bisa jauh-jauh dari makanan yang satu ini deh. Mulai dari tempeng goreng, tahu goreng, bakwan, lumpia, risoles, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kebanyakan dari orang-orang Indonesia berbuka puasa dengan makanan yang satu ini. Siapa sih yang bisa nolak saat ada gorengan di depan mata kita saat berbuka puasa ? Tapi kalian tau enggak sih, kebanyakan gorengan ini pas buka puasa itu sangat berpotensi bikin lemak di dalam tubuh semakin bertambah.

Tentunya kalian enggak mau dong lemak dalam tubuh kalian bertambah ? khususnya bagi kalian kaum wanita. Jadi sebaiknya hindari mengkonsumsi gorengan pada saat berbuka puasa. Karena pada saat berbuka puasa kita tidak membutuhkan lemak. Kita lebih membutuhkan asupan air, mineral, karbohidrat dan protein untuk mengembalikan daya tahan tubuh.

Selain itu enggak semua gorengan yang baik untuk kesehatan, apalagi jika kalian membelinya di pinggir jalan. Jalanan identik dengan polusi asap kendaraan dan banyaknya debu yang bertebaran. Hal ini yang seharusnya membuat kita lebih berpikir lebih baik lagi mengenai makanan yang akan kita makan. 

Makanan yang tidak sehat akan berdampak kepada tubuh kita. Entah itu dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Perhatikan saja, kenapa orang zaman dulu umurnya lebih panjang dibandingkan orang zaman sekarang. Coba deh bagi kalian yang masih punya kakek atau nenek langsung ditanyakan saja. Karena zaman dulu belum banyak makanan-makanan yang berbahaya untuk kesehatan. Jadilah manusia yang cerdas 🙂

3. Mie Instan

Makanan Tidak Bergizi
500px.com

Menu yang satu ini paling favorite dikalangan mahasiswa dan pelajar. Bagaimana tidak, mie instan merupakan salah satu makanan yang proses pembuatannya tidak terlalu ribet, memiliki aneka rasa, dan harganya juga terbilang murah.

Namun ternyata makanan sejuta umat ini kurang baik di konsumsi loh saat berbuka puasa. Sebenarnya juga enggak pada saat puasa aja sih, namun di bulan-bulan yang lainnya juga jangan terlalu sering mengkonsumsi mie instan. Paling tidak hanya boleh mengkonsumsi mie instan 2 kali dalam waktu satu bulan.

Sahur dengan mie instan hanya akan memberikan rasa kenyang sementara, karena pada umumnya mie instan ini berbahan dasar tepung yang akan lebih cepat dicerna oleh sistem pencernaan tubuh kita. Jadi kita bakalan lebih cepat merasa lapar dan dijamin deh bikin tubuh menjadi lemas seharian.

Selain itu, kandungan yang terdapat dalam mie instan sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Bayangkan saja jika terlalu banyak mengkonsumsi mie instan dapat menimbulkan penyakit-penyakit yang sangat berbahaya dan ironis.

Beberapa penyakit yang ditumbulkan oleh mie instan adalah obesitas, penyakit jantung, penyakit stroke, menyebabkan kanker, tekanan darah tinggi, gagal ginjal, diabetes, dan masih banyak lagi yang lainnya. Setelah kamu membaca artikel ini, apakah kalian masih mau untuk mengkonsumsi mie instan ? Kalau saya sih enggak mau hehe.

BACA JUGA : Mengintip Usaha Warung Makan, Nampak Kecil Tapi Cukup Menjanjikan

4. Teh dan Kopi

Minuman Sehat
500px.com

Teh dan kopi merupakan salah satu minuman yang menjadi favorite orang Indonesia, khususnya untuk kopi yang paling di sukai kaum adam. Tanpa kopi, hidup terasa hampa haha.

Namun tahukah kamu jika mengkonsumsi minuman ini pada saat berbuka puasa atau sahur sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh ? Banyak orang yang mengkonsumsi kedua minuman ini pada waktu sahur, akan tetapi pada kenyataannya minuman ini justru akan membuat tubuh kita menjadi cepat lemas loh.

Hal ini disebabkan karena kedua minuman ini termasuk kedalam jenis minuman diuretik yang dapat merangsang urine untuk keluar. Hal ini akan mempercepat mengutangi kadar ait di dalam tubuh kita.

Tapi tenang saja, intinya tidak boleh di konsumsi pada saat sahur dan berbuka puasa. Selain waktu itu, diperbolehkan kok. Jadi harus bersabar yah hehe. Tenang ! ini hanya ujian 🙂

5. Makanan Pedas

Makanan Pedas
500px.com

Bagi kalian yang hobi makan pedas, kalian harus bisa menahan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki rasa pedas. Karena hal ini tidak baik untuk kesehatan kamu. Walaupun katanya rasa pedas dapat menambah selera makan. Tapi saat berbuka puasa kita harus menghindari makanan pedas ini.

Hal ini disebabkan pada saat kita berpuasa, lambung kita dalam kondisi yang sangat sensitif. Dan mengkonsumsi makanan yang bersifat pedas akan dengan mudah merangsang rasa perih dan menimbulkan rasa kembung di perut kita. Alhasil kita bakal dengan mudah merasakan yang namanya mulas dan gangguan percernaan lainnya pada saat berbuka puasa.

Saat bulan Ramadhan seperti ini, memang sebaiknya kita harus lebih pintar dan lebih bijak untuk menjaga kesehatan kita. Bukannya tidak boleh sama sekali, tapi sebaiknya kita menghindari makanan yang dapat membuat tubuh ini menjadi tidak sehat.

Karena semua yang berlebihan itu tidak baik. Mungkin kalau benar-benar kepepet, kayanya makan mie instant pada saat terlambat sahur juga diperbolehkan deh.. asal jangan keseringan aja terlambat sahurnya haha.

Pintar-pintar dalam memilih menu berbuka puasa dan sahur, jarangan turutin hawa nafsu kita. Kalau badan kita sehat, maka InsyaAllah puasa kita akan lancar, ibadah menjadi lebih fokus, mengumpulkan amal baik jadi makin semangat deh.

BACA JUGA : 19 Menu Sarapan Sehat, Tidak Hanya Nikmat Tapi Juga Manfaat

1 thought on “5 Menu yang Ternyata Tidak Baik Dikonsumsi pada Bulan Puasa

  1. Wah susah nih ngilangin kebiasaan ngopi. Kadang gorengan jg malah jadi buat berbuka… harus siap2 ninggalin yang gak sehat buat puasa yang tinggal bbrp bulan lagi

Leave a Comment