19 Menu Sarapan Sehat, Tidak Hanya Nikmat Tapi Juga Manfaat

Pola hidup sehat pada dasarnya tidak bisa terlepas dari yang namanya sarapan pagi. Karena dengan selalu sarapan pagi akan membuatmu lebih siap dan lebih bertenaga dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Banyak sekali makanan sehat yang bisa dikonsumsi ketika sarapan pagi. Mulai dari sayur-sayuran, buah-buahan, juice, selai buah dan menu makanan sehat lain.

Sebagai salah satu insan yang peduli dengan kesehatan, tentunya memlih sarapan pagi yang sehat merupakan hal penting yang harus dilakukan supaya kesehatan tubuh tetap terjaga. Inilah beberapa makanan menyehatkan yang bisa kamu konsumsi ketika sarapan pagi.

1. Oatmeal

jempolkaki.com

Oatmeal merupakan makanan yang terbuat dari gandum dengan serat tinggi untuk bisa membantu menjaga kadar kolesterol dan gula pada tubuh agar tetap aman. Oatmeal memiliki kandungan beta-glucan (fiber) yang membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada darah, terlebih jika kamu mau mengkonsumsinya secara rutin juga teratur. Oatmeal sangat cocok untuk kamu yang sedang diet.

BACA JUGA Peluang Usaha Makanan Ringan, Camilan yang Selalu Diburu Banyak Orang

2. Berries

Berries
bukalapak.com

Buah beri menyimpan banyak kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuhmu. Senyawa antioksidan yang terdapat didalamnya bisa menjaga tubuh tetap sehat. Barries juga merupakan buah-buahan yang mempunyai kalori rendah, buah ini juga kaya akan mineral dan vitamin. Selain itu juga terdapat zat aktif biologis fitonutrien yang ada didalamnya bisa membantumu menghalau seangan penyakit jantung dan kanker

3. Telur

lihatcoy.blogspot.co.id

Telur telah lama menjadi salah satu menu kamulan ketika sarapan pagi bagi sebagian masyarakat indonesia. Ternyata telur mengandung berbagai macam nutrisi lengkap yang mempunyai manfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Sedikitnya terdapat 13 nutrisi penting mineral dan vitamin, termasuk protein yang menjadi komponen penting dari otot, tulang, kulit, tulang rawan, juga darah.

Selain itu protein membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh yang telah rusak, serta berperan penting ketika proses metabolisme tubuh. Jika kamu rajin mengkonsumsi makanan dengan protein tinggi akan membuatmu tetap kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan siang hari.

4. Kopi

travenita.wordpress.com

Minum secangkir kopi ketika pagi hari bisa memberikan asupan antioksidan yang diperlukan oleh tubuhmu. Antioksidan bermanfaat untuk menghalau radikal bebas juga mencegah proses penuaan sel-sel tubuh sehingga dapat membuat fungsi tubuh kamu tetap terjaga dengan baik. Selain itu kopi juga mempunyai bermanfaat baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung juga stroke.

5. Keju

Delish.com

Sarapan pagi dengan keju memberikan asupan protein cukup untuk tubuhmu, seperti halnya telur. Selain itu, kandungan nutrisi lainnya seperti kalsium yang terdapat dalam keju juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang, serta vitamin B yang berfungsi membantu penyerapan dan peredaran kalsium dalam tubuh.

6. Pisang

perchancetocook.com

Mengkonsumsi pisang dalam menu sarapan pagi, memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuhmu. Pisang mengandung potasium yang berguna menjaga sistem peredaran darah. Selain itu, kandungan kaliumnya membantu mengatur tekanan darah, sehingga hal tersebut bisa menekan resiko terkena stroke yang menjadi penyebab timbulnya gejala penyakit jantung.

7. Teh Hijau

hubstatic.com

Jika kamu tidak suka meminum kopi, teh hijau menjadi salah satu alternatif yang bagus untuk menu sarapan di pagi hari. Teh hijau banyak mengandung senyawa katekin, antioksidan yang  bisa mencegah kerusakan sel pada tubuh, yang mampu membantu menurunkan risiko penyakit kanker dan juga jantung. Disamping itu teh hijau bermanfaat memperkuat gigi, mencegah gigi berlubang, dan juga membantu mengurangi bau mulut.

BACA JUGA 5 Menu yang Ternyata Tidak Baik Dikonsumsi pada Bulan Puasa

8. Selai Kacang

wovgo.com/

Didalam selai kacang terdapat kandungan sejumlah protein dan lemak sehat yang bisa membantu mencegah terjadinya penyakit Alzheimer, menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, dan mengobati diabetes. Selain itu kandungan nutrisi pada selai kacang juga ternyata mampu menurunkan risiko penyakit jantung coroner.

8. Smoothies

huffingtonpost.com

Berbeda dengan umumnya jus yang menggunakan juicer, biasanya encer dan tanpa ampas/ smoothie mempunyai tekstur pekat dan padat karena bahan baku hanya dihaluskan menggunakan blender. Kamu juga harus menambahkan buah-buahan dan juga sayur mayur yang menjadi favoritmu. Buah dan sayur banyak mengandung mineral dan vitamin juga nutrisi penting lainnya yang cocok untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

9. Grapefruit

alexandersmkt.com

Grapefruit kaya akan kalium dan vitamin C. Serat yang dikandungnya dapat membantumu untuk tetap kenyang dalam waktu yang lebih lama. Disamping hal tersebut, zat antioksidan yang ada didalamnya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Menu sarapan sehat untuk anak, selanjutnya dibawah ini kita akan bahas sarapan untuk si kecil yang umumnya sulit jika disuruh makan di pagi hari, terlebih ketika hari libur. Berikut campuran dan makanan yang tentunya akan menggugah selera si kecil.

10. Nasi Dalam Bambu

fairylilly-journey.blogspot.co.id

Untuk sarapan anak kecil tentu mereka paling kesal kalau hanya dibekali nasi bukan? Oleh karenanya untuk membuat mereka tetap menyukainya adalah dengan membuat nasi dalam bambu. Gunakan bambu betung, kemudian isi dengan nasi uduk atau nasi kuning yang telah dibubuhi ayam, sayur dan udang. Tentunya mereka pasti akan senang dan bangga untuk membawanya ke sekolah. Untuk membuatnya cukup satu kali memasak, masak ayam, nasi dan sayuran dalam rice cooker yang telah dengan santan, serai, salam, dan juga garam.

11. Roti Gulung

bolumeranti.co.id

Menu roti mungkin akan terlihat sangat biasa dan tidak menari. Tetapi cobalah ubah tampilan saat menyajikannya. Semisal dengan menggulungnya, untuk isinya bisa variatif, dari sosis, keju, pisang, mesis atau yang sederhana selai coklat. Jika mau lebih komplit tambahkan letus pada isi roti asin.

12. Omelet

wikihow.com

Telur selalu menyelamatkan para ibu dalam menyiapkan sarapan buat si kecil, selain praktis tentunya bergizi tinggi. Tapi cobalah kreasikan menu telur agar anak lebih bernafsu untuk makan. Misal isi omelet dengan sayuran, ayam giling dan juga keju. Omelet juga bisa disajikan dengan tambahan kentang goreng atau nasi putih.

13. Mi Saus Bolognaise

cookpad.com/

Anak-anak sangat menggemari mie. Untuk tetap terjaga nutrisinya sajikan untuk anak dengan mi yang sehat. Bisa dibuatkan mi bolognaise yang dibuat dengan campuran tomat. Tambahkan pula sayuran seperti bayam atau wortel. Ketika memakannya anak tak

14 Scrambled

cookingclassy.com

Scrambled atau orak arik telur. Jika kamu sudah terbiasa membuat scrambled polos, cobalah lengkapi gisi nya dengan tambahan keju parut, susu, wortel, jamur atau bayam. Kamu bisa memasukkan scrambled egg ini ke dalam roti agar semakin lengkap gizi yang didapatkan

15. Ayam Goreng

thehalalfoodblog.com

Ayam goreng sudah pasti disukai oleh anak, supaya bisa lebih menggugah selera buatlah ayam goreng yang berbeda, tidak melulu dengan tepung terigu saja, cobalah tambahkan sereal atau havermut.

BACA JUGA 14 Tempat Makan Enak di Jogja, Rasa dan Nuansa yang Istimewa

16. Nugget

skim.gs

Anak-anak jatuh cinta setengah mati dengan nugget. Coba membuat sendiri nugget untuk sarapan anak. Membuat nugget sendiri memang tampak rumit, tetapi sebetulnya kamu bisa membuat sekaligus dalam jumlah banyak. Lalu simpan di lemari es dan bisa dikeluarkan sewaktu diperlukan. Buatlah nugget yang sehat. Caranya, buat pure bermacam-macam sayuran seperti brokoli, wortel, bayam. Sayuran rebus yang diblender ini bisa dicampur dengan daging ayam. Jadi, terciptalah nugget ayam brokoli, nugget ayam wortel, atau nugget ayam bayam. Sehat bukan?

19. Nasi bakar

inirecipes.id

Jika hari sebelumnya kamu membuatkan nasi uduk untuk keluarga, ambil sebagian. Besok paginya bungkus nasi uduk tersebut kemudian tambahkan tumis sayur atau kemangi. Semisal tumis oncom dengan teri. Tumis ayam dengan campuran sayuran. Masukkan nasi bungkus itu kedalam oven dan biarkan sampai menjadi nasi bakar

Itulah tadi beberapa menu sarapan sehat yang bisa menjadi pilihamu untuk disajikan setiap kali makan pagi.

Leave a Comment