menu makan siang Nugget ikan tenggiri

9 Menu Makan Siang yang Dirindukan Saat Perut Kelaparan

MENU MAKAN SIANG – Ini merupakan momen yang paling dinanti-nanti saat perut mulai laper di siang hari. Tak jarang ketika bel istirahat siang sudah berbunyi kita langsung berlari ke kantin untuk makan siang apabila kondisi perut sedang lapar sekali.

Mungkin pada saat jam makan siang tiba, kamu bingung ingin memilih menu makanan seperti apa? Nah berikut ini adalah berbagai menu yang bisa kamu beli ataupun kamu buat dirumah sebagai bekal pada saat jam makan siang telah tiba.

1. Menu Nasi Goreng Untuk Makan Siang

menu undefined enak
qraved.co

Makanan yang satu ini sudah sangat populer dikalangan kita, Nasi goreng juga sering sekali dijadikan bekal untuk makan siang. Akan tetapi perlu diperhatikan juga didalam penggunaan bahannya untuk membuat Nasi Goreng.

Kamu juga dapat menggunakan bawang putih dan bawang merah dan juga cabai merah sesuai dengan selera masakan kamu, untuk bumbu nasi goreng kamu bisa gunakan kecap asin, sedikit gula dan juga merica.

Apabila pada saat masak goreng kamu tidak memakai margarin dan minyak kelapa, kamu bisa gunakan olive oil sebagai penggantinya.

Kamu dapat juga menambahkan sayuran, namun tambahkan disaat terakhir supaya sayurnya tidak terlalu matang. Apabila kamu ingin menambahkan telur sapi, biasakan untuk membuat telur sapi tidak terlalu matang dan hanya memakai sedikit garam saja.

ULASAN MENARIK: 7 Makanan yang Disajikan dengan Daun Pisang

2. Makan Siang Dengan Sup Segar

resep undefined lezat
tokomesin.com

Sup dapat menjadi pilihan kamu sebagai bekal menu makan siang yang siap dimakan, karena sup merupakan menu makanan praktis yang dapa kamu buat.

Sup yang berisi berbagai macam sayur-sayuran dengan mempunyai proses memasukkan sayuran yang lebih keras dahulu seperti kentang, wortel, jagung dan kubis. Untuk sayuran lainnya bisa kamu masukkan setelah sayuran sebelumnya matang.

Bumbu yang biasa digunakan dalam membuat sup hanya berupa bawang putih, kaldu ayam dan garam serta sedikit merica saja.

3. Menu Gado-gado Cocok Untuk Makan Siang

pilihan undefined maknyus
maangchi.com

Makanan Gado-gado merupakan makanan indonesia asli yang sangat praktis dan tentunya ini dapat menjadi pilihan menu makan siang kamu.

Sayuran yang terdapat pada gado-gado sangat bermacam-macam, sayuran inilah yang dapat memenuhi asupan-asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kamu. Sambal kacangnya pun dapat memenuhi asupan protein yang ada di dalam tubuh kamu.

4. Sayur Asam Maknyus Untuk Makan Siang

menu undefined enak
resepseharihari.com

Kandungannya yang lengkap pada sayur asam mempunyai banyak manfaat dikarenakan bahan yang dipakai di dalamnya dan ini tentunya Sayur asam juga dapat kamu jadikan sebagai makanan makan siang yang praktis.

Untuk dapat menikmati sayur asam, kamu dapat juga menambahkan nasi yang berasal dari beras merah ketimbang beras putih. Karena hal tersebut agar gula yang terdapat di dalam tubuh kamu tetap seimbang dan dapat mengenyangkan dalam waktu yang lama.

5. Pecel Lele, Pedas Gurih Saat Makan Siang

resep undefined lezat
dapurresep.com

Bagi kamu pecinta lele, tentu tak asing dengan yang namanya pecel lele. Apabila siangmu terasa penat dan kamu ingin makan sang menggunakan lauk ikan tetapi kantong pas-pasan, pecel lele dapat menjadi alternatif menu makan siang.

Selain harganya yang murah dan rasanya yang cukup enak, pecel lele mempunyai cita rasa yang khas bagi pecinta lele, apabila bila kamu memakannya dibarengi es teh atau es jeruk. Pecel lele sangat mudah ditemukan di pinggir jalan, sehingga kamu tak perlu ribet apabila ingin makan siang menggunakan pecel lele.

6. Ayam Goreng

pilihan undefined maknyus
resephariini.com

Menu yang satu ini cukup populer dikalangan masyarakat. Siapa sih yang tak suka dengan ayam goreng, mungkin tak ada. Ayam goreng sering kali dijadikan menu makan siang dikarenakan rasanya yang enak dan juga penyajiannya yang mudah.

BIAR SEHAT, KAKA: Belajar Pola Makan Sehat Untuk Hidup yang Lebih Baik

Apabila kamu enggan menyajikan makanan yang ribet ataupun kamu sedang malas memasak masakan. Kamu tinggal beli aja ayam dipasar terdekat kemudian goreng setelah itu kamu bisa tambahkan saus ataupun kecap terserah selera kamu.

7. Resep Makan Siang Ayam Bakar Sambal Terasi

menu undefined enak
cookpad.com

Biar makan siang kamu terasa lebih nikmat, ngga ada salahnya coba makan yang gurih tapi pedas asik.

Bahan Utama:

  1. 6 paha ayam bagian atas

Bahan Untuk Membuat Sambal:

  1. tomat merah berukuran sedang sebanyak 2 buah
  2. cabe merah kering sebanyak 7 buah
  3. cabe merah berukuran besar sebanyak 6 buah
  4. cabe rawit merah sebanyak 1 buah
  5. bawang putih sebanyak 3 siung
  6. bawang merah sebanyak 3 siung
  7. terasi ABC (sangrai) sebanyak 4 saset
  8. 2 sendok makan gula pasir
  9. 2 sendok makan garam
  10. 2 sendok makan jahe bubuk
  11. 2 sendok makan kunyit bubuk
  12. 2 sendok makan ketumbar bubuk
  13. 2 sendok teh merica hitam
  14. 2 sendok teh merica putih

Langkah Pembuatan

  1. Cucilah paha ayam sampai terlihat benar-benar dalam keadaan bersih.
  2. Masukkan semua bahan-bahan diatas untuk membuat sambal ke dalam blender kemudian haluskan : tomat, bawang putih ,bawang merah, gula pasir putih, garam, cabe rawit, cabe kering merah, terasi, cabe merah besar, kunyit bubuk, ketumbar bubuk dan jahe bubuk.
  3. Masukan semua paha ayam yang tadi sudah dipersiapkan ke dalam mangkok ataupun tuperaware kemudian lumuri bumbu semalaman atau paling sebentar 4 jam.
  4. Bakar ayam menggunakan Happy Call sampai tercium bau wangi dan matang. Apabila kamu suka boleh saja ditambahkan kecap manis.

Paham ayam siap disantap! 😀

8. Makan Siang Nugget Ikan Tengiri

resep undefined lezat
sedapqu.blogspot.co.id

Bahan-bahan

ikan tenggiri (filet, haluskan) sebanyak 500 gr
telur (untuk dicampur ke adonan) sebanyak 3 butir
telur dikocok (untuk celupan) sebanyak 2 butir
Garam secukupnya
Merica secukupnya
bawang prei (saya pake putihnya aja) sebanyak 2 batang
bawang putih (dihaluskan) sebanyak 8 siung
tepung bumbu atau Tepung terigu juga boleh sesuai selera (saya pake sedikit saja tepung supaya ikan lebih terasa)
secukupnya Tepung panir

Langkah Pembuatan

Haluskan terlebih dahulu ikan tengiri yang sudah disiapkan kemudian campurkan ikan tenggiri dengan bumbu terkecuali tepung dan juga telur untuk celupan

Setelah tercampur secara rata masukkan tepungnya

Kemudian letakkan adonan ke dalam wadah setelah itu kukus.

Cek adonan yang dikukus apakah sudah masak dengan cara menusuknya dengan sendok atau garpu. Jika masih lengket itu tkamunya belum masak. Apabila tidak ada adonan yang lengket ke sendok itu tkamunya sudah masak.

Potong-potong adonan yang sudah matang sesuai selera pribadi. Lalu celupkan ke dalam telur kemudian balurkan ke tepung panir sambil sedikit ditekan supaya tepung panir menempel secara sempurna.

Letakkan adonan yang telah dibaluri tepung panir ke dalam wadah kemudian masukkan ke dalam pendingin ata kulkas.

Nugget siap di goreng dan juga di nikmati. Nugget lebih enak dinikmati selagi masih hangat dengan saus cabai. Namun apabila ingin disimpan sebagai stock untuk makanan juga boleh.

TARNYATA BEGINI: Adab Makan dan Minum yang Diajarkan Dalam Islam

9. Cumi Asin Balado

pilihan undefined maknyus
menu makan siang cumi

Bahan-bahan
bawang merah sebanyak 4 butir
bawang putih sebanyak 2 butir
cabe merah sebanyak 6 buah
cabe rawit pedas sebanyak 4 buah
cabe rawit hijau sebanyak 6
saus tiram
tomat
garem
gula
kecap asin
jeruk limau

Langkah-Langkah

Masukan bawang putih, bawang merah, cabai rawit pedas, cabai merah, tomat dan juga cabai rawit hijau (dibelender kasar)

Cumi asin yang sudah disiapkan kemudian di rendam pakai air panas 10 hingga 15 menit

Setelah selesai di rendam, kemudian cumi di goreng hingga agak kecoklatan. kemudian di tiriskan.

Setelah cumi di goreng. kemudian bumbu yang di belender tadi di tumis sampai tercium bau wangi, setelah tercium bau wangi masukan garam, kecap asin, saus tiram dan juga jeruk limau. kemudian aduk sampai rata. setelah di aduk sampai rata. masukan cumi yang sudah di goreng tadi. setelah di masukan ke dalam sambel kemudian di aduk hingga bumbu meresap.

Sajikan dengan nasi panas agar lebih mantap.

Selamat mencoba dan selamat menikmati

Leave a Comment