3 Masakan Khas Indonesia Dari Berbagai Penjuru Daerah

Masakan Indonesia – Indonesia boleh bangga karena ada 3 masakan Indonesia yang dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia. Dua masakan khas Indonesia berhasil menempati urutan 1 dan 2, yaitu hidangan khas Nusantara rendang dan nasi goreng.

Dua makanan tersebut menjadi makanan paling lezat di duni setelah melalui hasil survei oleh para pemerhati stasiun berita CNN, yang dimuat di laman CNNGo.

Rendang berhasil menempati urutan teratas yang disusul dengan nasi goreng. Dua masakan Indonesia asli itu berhasil mengalahkan Massaman curry yang sebelumnya dinobatkan sebagai makanan paling lezat di dunia. Kini makanan asal Thailand itu hanya menempati posisi kesepuluh dari 50 daftar makanan.

Rendang Menjadi Makanan Terlezat di Dunia

Masakan asli Indonesia Rendang
Reseputama.com

Berikut adalah kutipan hasil survei yang dilakukan oleh CNN, “Setelah menjaring lebih dari 35.000 suara, makanan paling lezat di dunia bukanlah Massaman curry lagi yang kami sarankan, namun adalah hidangan daging berbumbu pedas yang berasal dari Sumatera Barat, Indonesia.”

Sementara Nasi goreng berada diurutan kedua berada dibawah Rendang. Makanan asal Indonesia lainnya yang juga masuk dalam deretan teratas adalah sate, sate berada di urutan ke-14 dari 50 total daftar makanan terlezat di dunia.

Berikut ini adalah daftar lengkap dari 50 makanan terlezat di dunia versi CNN:

1. Rendang [Indonesia]
2. Nasi goreng [Indonesia]
3. Sushi [Jepang]
4. Tom yam goong [Thailand]
5. Pad thai [Thailand]
6. Som tham [Thailand]
7. Dim sum [Hong Kong]
8. Ramen [Jepang]
9. Bebek peking [China]
10. Massaman curry [Thailand]
11. Lasagna [Italia]
12. Kimchi [Korea]
13. Chicken rice [Singapura]
14. Sate [Indonesia]
15. Es krim [AS]

Indonesia memang kaya dengan adat dan budaya. Termasuk masakan Indonesia yang begitu beraneka ragam. Hampir disetiap daerah Indonesia memiliki makanan atau masakan khas tersendiri. Rendang, Nasi Goreng dan Sate adalah contoh dari masakan nusantara yang telah membuat Indonesia bangga.

Berikut adalah profil singkat dari ke-3 masakan Indonesia yang telah mendunia itu:

Rendang, Masakan Indonesia Asli Nomer 1 di Dunia

Gambar Rendang, masakan Indonesia terlezat di dunia
exciteindonesia.wordpress.com

Rendang adalah masakan Indonesia yang berasal dari Sumatera barat. Rendang merupakan masakan daging yang memiliki cita rasa pedas yang menggunakan berbagai campuran bumbu aneka rempah-rempah. Masakan ini merupakan hasil masakan berulang-ulang dengan menggunakan santan kelapa.

Proses memasak makanan ini membutuhkan waktu yang berjam-jam. Rendang dapat bertahan sampai berminggu-mingu dalam suhu ruangan. Jika dimasak dalam waktu yang relatif singkat dan santannya belum mengering berwarna coklat keemasan maka disebut kalio.

Rendang ini banyak terdapat di rumah makan seluruh Indonesia dan Bahkan dunia. Rendang banyak disajikan di rumah makan Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei dan Filipina.

Sedangkan di daerah aslinya yaitu Minangkabau, Rendang biasa disajikan pada upacara-upacara adat dan acara istimewa. Meskipun secara umum Rendang adalah masakan khas Minangkabau, namun tiap daerah di Minangkabau memiliki cara memasak serta penggunaan bumbu yang berbeda-beda.

Itulah sekilas profil singkat dari masakan Indonesia yang menjadi makanan terlezat di dunia.

Baca juga: 7 Makanan Ini Biasa Dimakan Mentah

Nasi Goreng, Masakan Indonesia yang Go Internasional

Gambar nasi goreng masakan indonesia terlenak di dunia.
junantoherdiawan.com

Nasi goreng adalah makanan khas Indonesia yang tidak mengenal batasan usia dan status sosial. Karena makanan ini bisa dinikmati oleh siapa saja, baik dari orang tua sampai anak-anak, kalangan atas sampai kalangan bawah.

Nasi goreng ini sangat mudah untuk ditemukan, mulai dari warung pinggir jalan, gerobak keliling sampai restoran. Bahan utama pembuatan nasi goreng adalah nasi, kecap, minyak goreng dan bumbu yang berbentuk sambal.

Biasanya masakan nasi goreng ini menggunakan menu tambahan seperti telur, daging, babat, ayam, sate ampela/ usus, kemudian ditambah kerupuk, kol, tomat, mentimun atau berupa sayuran lainnya.

Sebenarnya, nasi goreng bukanlah masakan Indonesia asli, melainkan masakan tradisional yang berasal dari Tionghoa yang jauh 4000 tahun SM. Masakan ini kemudian tersebar oleh para perantau Tionghoa ke berbagai wilayah Asia Tenggara.

Kebiasaan masyarakat Tionghoa yang tidak suka dengan makanan dingin menimbulkan inovasi baru yaitu dengan menggoreng nasi dengan makanan lainnya yang telah dingin untuk kembali dihidangkan ke meja makan.

Nasi goreng ini kemudian terdapat beberapa perbedaan pada setiap daerah/ negara karena berdasarkan cara memasak serta bahan-bahan/ bumbu yang digunakan.

Namun Indonesia telah membuktikan, bahwa masakan Indonesia adalah yang terbaik.

Baca Yuk: 16 Tempat Makan Enak di Jogja

Sate, Masakan Indonesia yang Populer di Dunia

Gambar sate ayam masakan Indonesia asli
flickr.com

Sate adalah makanan Indonesia yang terbuat dari potongan-potongan daging kecil yang ditusuk secara berjajar dengan bambu. Cara memasaknya dibakar menggunakan bara arang kayu. Daging yang biasa digunakan dalam pembuatan sate adalah daging ayam, kambing, sapi, domba dan kelinci.

Sate ini juga makanan spesial yang bisa dinikmati oleh semua kalanagan dan usia. Karena harganya murah dan dapat dijumpai di daerah mana saja di Indonesia. Selain Indonesia, sate juga populer di negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand. Sate juga populer di Belkamu.

Di Indonesia, karena banyaknya keaneka ragaman budaya  Indonesia, banyak sate dengan ciri khas dari daerah tertentu karena perbedaan cara memasak, bumbu serta cara penyajian yang berbeda. Diantara jenis sate yang populer di Indonesia adalah sate Madura dan sate bumbon.

Selain 3 masakan Indonesia diatas, masih banyak lagi masakan asli Indonesia yang menjadi favorit. Diantaranya adalah berikut:

Ayam Betutu Bali

masakan indonesia asli ayam bakar betutu
terimakasihresep.blogspot.co.id

Ayam betutu adalah salah satu menu masakan khas Indonesia dari Bali. Ayam Betutu ini banyak diproduksi oleh masyarakat Desa Melinggih, kec. Payangan Kab. Gianyar, Bali. Bahan dasar ayam betutu adalah daging ayam utuh, kemudian dagingnya di bubuhi bumbu yang diletakkan di bagian dalam ayamnya.

Kemudian daging ayam ini dipanggang menggunakan api sekan. Banyak yang terheran-heran dengan cara memanggang dari ayam ini karena dagingnya begitu lembut seperti daging yang telah dikukus.

Bandeng Presto Semarang

gambar bandeng presto
mulpix.com

Bandeng Presto yaitu ikan bandeng yang cara masaknya menggunakan panci bertekanan tinggi atau yang biasa disebut dengan presto. Cara masak seperti ini dapat membuat duri ikan bandeng menjadi lunak, sehingga enak untuk dimakan serta bisa tahan lama apabila di simpan dalam lemari es.

Umumnya bandeng presto di hidangkan dengan nasi hangat dan sambal terasi. Bandeng presto ini banyak ditemukan di daerah Semarang. Jika kamu kebetulan berpergian ke Semarang dan ingin mencoba bandeng presto asli dari daerah asalnya, silahkan mampir saja di salah satu toko yang berjejer di sepanjang Jl Pkamunaran atau Mataram Semarang.

Soto Banjar

gambar soto banjar asli masakan indonesia
intisari-online.com

Masakan Indonesia selanjutnya adalah soto banjar khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Bahan dasar pembuatan soto banjar adalah ayam, rempah-rempah seperti biji pala, kayu manis dan cengkeh. Soto ini berisi daging ayam yang disuwir-suwir dengan tambahan perkedel kentang rebus, rebusan telur serta ketupat.

Coto Makassar

Gambar coto makassar citarasa masakan Indonesia
Kulinersby.co.id

Coto sebenarnya memiliki arti yang sama dengan Soto. Tapi khusus untuk soto dari Makassar ini, masyarakat terbiasa menyebutnya dengan sebutan Coto. Coto Makassar ini memiliki keunikan tersendiri yang terletak pada isi dan bumbunya. Isi Coto Makassar ini terdiri dari daging & jeroan sapi.

Baca Juga: Tempat Makan Unik di Jakarta

Leave a Comment