9 Masakan dan Makanan Sehat Untuk Diet yang Sempurna

Memiliki berat badan yang ideal tentulah dambaan hampir semua orang, entah itu laki-laki atau perempuan. Dengan berat badan yang ideal, tentu kita akan lebih percaya diri karena bentuk tubuh yang terlihat bagus. Selain itu, aktivitas sehari-hari juga akan dapat dikerjakan dengan lebih nyaman.

Tapi tidak semua orang memiliki berat badan ideal. Bisa jadi karena pola makannya yang salah, atau mungkin kurangnya olahraga dan terlalu banyak makan. Semua hal itu tentu bisa membuat berat badan menjadi naik dan menjadi tidak ideal.

Berat badan yang melebihi normal kadang akan membuat kebanyakan orang ingin melakukan diet. Tapi banyak yang tidak tahu harus mulai diet dari mana terlebih dahulu.

Buat kamu yang masih kebingungan mau memulai diet, coba deh diet dengan mengatur konsumsi makanan. Diet yang kamu lakukan untuk pertama kali adalah dengan memilih makanan sehat untuk mengatur metabolisme sehingga berat badan dapat turun.

Berikut ini ada beberapa masakan dan juga makanan yang mungkin bisa kamu coba untuk menu diet sehat.

1. Telur Gulung

makanajib.com

Menu pertama yang bisa kamu coba untuk diet sehat adalah telur gulung. Tentu bukan hanya telur saja ya, tapi kamu juga bisa menambahkan dua sendok makan kacang hitam, seperempat cangkir tomat cincang, satu cangkir bayam, dan dua sendok makan bawang merah.

Agar menu yang kamu makan memiliki tambahan vitamin, kamu bisa menambahkan satu seperempat buah alpukat. Jangan lupa menambahkan bumbu berupa jinten, bubuk cabe, merica dan garam. Menggorengnya juga gunakan minyak zaitun ya, biar lebih sehat.

Untuk menu pertama ini, kamu akan mendapatkan kalori sebanyak 345 kalori. Selain itu kamu juga telah memberikan asupan lain seperti 15,7 gram lemak; 36,8 gram karbohidrat, 3,5 gram lemak jenuh, 3,2 gram gula, 36,8 gram karbohidrat, 17,4 gram protein, dan 9,7 gram serat.

2. Oats dengan Buah dan Kacang

lifemadedelicious.ca

Salah satu makanan yang sehat adalah memiliki serat yang cukup tinggi. Oats memiliki cukup banyak serat dan merupakan makanan yang sehat. Bahkan, oats juga memiliki kandungan portein yang cukup tinggi lho dibandingkan dengan gandum asli.

Kamu bisa memilih mengonsumsi oat untuk menu diet selanjutnya, cukup masak satu setengah cangkir oats dengan setengah cangkir air. Kamu juga bisa menambahkan satu setengah cangkir susu kedelai untuk pemanis dan memberikan sedikit rasa.

Untuk topping, kamu bisa menambahkan buah-buahan seperti dari jenis berry-berry-an. Selain buah, tambahkan juga kacang-kacangan, bisa kacang almond atau kacang kenari cincang. Agar oats yang kamu buar memiliki rasa, jangan lupa tambahkan sirup mapel.

3. Nasi Merah

manfaatnasimerah.blogspot.co.id

Makanan sehat untuk diet selanjutnya adalah nasi merah. Nasi merah ini didapatkan dari memasak beras merah terlebih dahulu. Tapi kenapa nasi merah, kan sama-sama nasi tuh? Ternyata nasi merah ini memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan nasi putih lho.

Beras merah yang belum dimasak menjadi nasi memiliki kandungan kalori sebesar 110 kalori. Selain itu, di dalam beras merah juga terdapat protein, serat, fosfor, magnesium, niacin, tiamin, zat besi, zinc, dan vitamin B 6.

Salah satu alasan beras atau nasi merah baik untuk diet karena kandungan seratnya yang tinggi. Dengan kandungan serat yang banyak, akan berpengaruh pada hilangnya lemak. Selain itu, mengonsumsi makanan yang kaya serat ternyata juga akan membuat perut menjadi terasa penuh, sehingga dengan makan sedikit saja akan terasa kenyang.

4. Makanan Rendah Karbohidrat

healthisfromheaven.wordpress.com

Untuk menjadikan diet kamu berhasil, coba deh konsumsi makanan rendah karbohidrat. Kamu bisa mencoba beberapa saran di bawah ini untuk makanan rendah karbohidrat.

Saat sarapan pagi, kamu bisa mengonsumsi telur rebus atau omlet dari satu butir telur ayam. Asupan karbihidratnya bisa didapat dari satu mangkuk oatmeal. Untuk minumannya, disarankan susu tinggi protein dan rendah lemak serta gula.

Kamu juga masih bisa mengonsumsi camilan di saat pagi berupa tahu atau tempe sekitar 2-3 potong saja. Lengkapi dengan makan buah seperti pir, apel, atau jeruk.

Saat makan siang, makanlah nasi merah sebanyak 10 sendok ditambah dengan lauk berupa daging ayam, ikan, atau daging sapi tanpa lemak sebanyak 150 gram. Jangan lupa setengah mangkuk sayuran hijau untuk menambah asupan vitamin.

Ketika hari memasuki sore, kamu bisa mengonsumsi daging panggan atau ikan 1 potong atau 1 ekor sebagai camilan di sore hari. Bisa juga ditambah dengan 1-2 buah tahu ataupun tempe.

Untuk makan malam, kamu bisa konsumsi nasi sebanyak 10 sendok dengan menggunakan lauk daging ayam, ikan, atau daging sapi sebanyak 200 gram. Bisa juga ditambah susu tinggi protein serta rendah lemak dan gula sebelum kamu tidur.

5. Roti Gandum

budiboga.blogspot.co.id

Roti gandum merupakan salah satu makanan yang direkomendasikan jika kamu ingin diet. Roti jenis ini dapat menjadi pilihan karena memiliki kandungan lemak, kalori, dan gula yang rendah jika dibandingkan dengan roti jenis lain.

Roti gandum cocok untuk diet karena memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat memperlancar pencernaan. Selain itu, kamu akan merasa cepat kenyang dan tidak mudah lapar dalam waktu yang relatif lama. Roti gandung juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Hal yang paling penting, mengonsumsi roti gandum tidak membuat gemuk lho. Soalnya di dalam roti gandum terdapat kandungan vitamin E dan asam lemak esensial yang tentu baik untuk kesehatan. Selain itu, kandungan lemak tak jenuh yang ada pada roti gandum tidak akan membuat kamu gemuk, bahkan jika rutin dikonsumsi.

6. Salad Sayur dan Buah

kewpie.co.id

Salad juga dapat kamu konsumsi ketika sedang melakukan diet lho. Di dalam sayuran yang digunakan sebagai bahan salad terdapat karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks tersebut dapat membuatmu kenyang lebih lama. Selain itu, jika memakai buah-buahan, ada asupan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kamu bisa membuat salad dari tomat, nanas, strobery, selada, melon, kiwi, bengkoang, yoghurt rendah lemak, dan madu. Semua bahan tersebut tinggal dipotong sesuai selera, dan campur serta diaduk sampai rata. Jangan lupa menambahkan yoghurt dan madu sebagai penambah rasa.

7. Masakan Pedas

papasemar.com

Buat kamu yang pengen diet dengan mudah, makanan pedas bisa jadi solusinya. Di dalam makanan pedas terdapat cabe yang mengandung capsaicin. Capsaicin memiliki sifat untuk merangsang pelepasan energi dengan membakar kalori tiga persen lebih banyak. Selain itu, capsaicin juga akan meningkatkan metabolisme yang akan membakar lemak dengan lebih cepat.

Senyawa dalam cabe tersebut juga dapat memengaruhi produksi hormon tiroid yang akan mengendalikan adrenalin dan dopamin, dua hormon untuk mengatur nafsu makan. Kamu bisa menambahkan cabe kedalam masakan untuk memotong nafsu makan menjadi setengahnya. Hal ini tentu cukup untuk kesehatan tubuh dan tidak berlebihan.

Bahkan, sejak zaman dahulu, cabe sudah digunakan untuk membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi masalah lambung dan usus dengan merangsang produksi enzim pencernaan. Tapi ingat, kalau kamu memiliki masalah pada lambung dan usus, jangan sekali-kali untuk mengonsumsi cabe yang banyak ya, bisa jadi berbahaya nanti.

8. Sup Kubis

youtube.com

Salah satu menu diet yang populer untuk menurunkan berat badan adalah sup. Ada berbagai macam sup yang digunakan untuk diet, salah satunya adalah sup kubis. Kamu bisa membuat sup ini dengan menggunakan bahan-bahan seperti kubis, paprika, seledri, tomat, bawang putih, dan air.

Untuk menambah rasa dari sup, kamu bisa menambahkan garam dan merica. Sup ini sangat cocok untuk membakar lemak yang ada di tubuh lho. Serat yang ada di dalam bahan-bahan sup akan menjaga sistem pencernaan dan menghilangkan lemak.

9. Buah Pisang

technoplastindustries.com

Menu diet lain yang sudah banyak dicoba oleh banyak orang adalah diet pisang. Diet ini tentunya menggunakan pisang sebagai makanan yang akan dikonsumsi.

Kamu bisa mengonsumsi pisang mengikuti aturan berikut ini. Untuk sarapan, makanlah satu buah pisang dengan segelas susu skim atau kopi tanpa gula. Maka siangnya, kamu bisa mengonsumsi satu buah pisang dengan keju cottage sebanyak 250 gram serta teh manis. Saat malam hari, cukup makan satu buah pisang dan segelas susu rendah lemak.

Leave a Comment