Ternyata ada segudang manfaat yang terkandung di dalam makanan sederhana yang terjual bebas dan mudah didapat di sekitar kita.

16 Hal yang Akan Terjadi Pada Tubuh Ketika Kamu Makan Buah Pisang

Apakah kamu mau tahu sebuah makanan yang akan mampu membantu menurunkan berat badan, mengurangi kembung, memerangi kanker, meningkatkan energi? Semua didapat dengan harga yang sangat murah dan tak perlu mewah-mewah. Bahkan, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di Indonesia tercinta ini.

Nama makanannya adalah pisang.

Salah satu buah yang nggak kenal musim dan harganya murah ini ternyata sangat kaya nilai gizi dan manfaat. Kalau di Indonesia, kamu akan dengan mudah menemukan buah pisang ini di berbagai keadaan.

Kalau lagi makan di warteg, kamu bisa menemukan sesisir pisang yang disandingkan dengan berbagai macam makanan. Ketika di dalam nasi kotak, akan kamu dapati buah pisang mungil yang siap untuk memenuhi kebutuhan vitamin.

Tapi, ternyata buah pisang ini di sebagian masyarakat masih identik dengan anak kecil, monyet, dan untuk guyonan saja lho. Padahal, dengan berbagai penelitian yang ada, mengonsumsi buah pisang akan menjadikan tubuh kamu menjadi lebih sehat.

1. Lemak dalam Tubuhmu Akan Terbakar

lfitness.net

Dalam buah pisang, terdapat 12 mg kolin, salah satu vitamin B yang akan membantu menghilangkan lemak dalam tubuh, terutama lemak yang menumpuk di perut kamu. Jadi, bisa nih buat kamu yang lagi diet, konsumsi juga makan pisang setiap hari, biar diet kamu makin lancar, dan perut jadi ideal.

2. Kamu Akan Bahagia Lebih Cepat

pinterest.com

Ternyata, bentuk pisang yang mirip senyuman itu bisa membuat kamu juga tersenyum lho. Hal itu karena ada kandungan vitamin B9, atau dikenal juga dengan folat. Salah satu vitamin yang mampu memerangi depresi dengan membantu tubuh memproduksi beberapa senyawa anti depresi.

BACA JUGA: 30 Makanan Sehat dan Bernutrisi Tinggi

3. Stres dan Cemas Berkurang

dwimailana.blogspot.co.id

Selain untuk meningkatkan mood dengan kandungan vitamin B9 nya, buah pisang juga memiliki triptofan. Triptofan berguna sebagai prekursor untuk serotonin.

Serotonin ini merupakan senyawa yang sangat penting untuk otak karena adalah anti depresi alami dan dapat mengatasi kegelisahan dan juga insomnia.

4. Tidurmu Akan Lebih Nyenyak

pinterest.com

Selain mengurangi cemas dan stres, triptofan yang ada pada buah pisang juga dapat membuat tidurmu lebih nyenyak. Hal ini karena triptofan juga merupakan prekursor untuk melatonin yang dapat meningkatkan relaksasi dan membantu kamu mengatur tidur. Jadi, cukup makan satu buah pisang beberapa menit sebelum kamu menuju ke kasur.

5. Kadar Gula dalam Darah Akan Distabilkan

tentangdiabetes.wordpress.com

Pisang merupakan buah dengan kandungan gizi yang banyak. Kamu bisa mengonsumsi makanan berprotein dan berlemak sehat bersama dengan pisang, untuk menurunkan tingkat penyerapan gula dari buah pisang ke dalam aliran darah.

Dan, hal itu bisa menjadi strategi untuk membuat kadar gula darah tetap stabil, dan tentu akan memberikan energi yang stabil dan dapat menurunkan berat badan.

6. Perut Terasa Lebih Penuh

wajibbaca.com

Ketika kamu ingin diet, maka hal yang pertama dilakukan tentu adalah mengurangi porsi makan. Nah, dengan mengonsumsi pisang, kamu bisa menekan porsi makan kamu lho karena di dalam pisang ada sesuatu yang disebut resistant starch.

Seperti namanya, resistant starch ini akan tahan terhadap pengolahan dalam sistem pencernaan kita, dan itu akan membuat perut terasa lebih kenyang.

7. Kolesterol Jahat Akan Berkurang

Di dalam pisang, terdapat senyawa bernama fitosterol. Fitosterol merupakan salah satu senyawa yang mampu memberikan efek untuk menurunkan kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein) di dalam tubuh.

8. Pencernaan Menjadi Lancar

Kalau kamu punya masalah buang air besar, semua itu akan teratasi dengan mengonsumsi pisang. Karena, pisang merupakan salah satu makanan prebiotik yang akan memberikan nutrisi pada bakteri baik yang ada di dalam sistem pencernaan. Sehingga, ketika bakteri baik tumbuh dengan baik juga, maka buang air besar akan menjadi lebih lancar.

9. Tulang Menjadi Lebih Kuat

tasteforlife.com

Di dalam pisang ternyata juga terkandung kalsium, tetapi tidak cukup tinggi, kurang dari 1% kebutuhan tubuh per hari. Tetapi, pisang mampu membantu dalam penyerapan kalsium karena terdapat senyawa prebiotik fruktoligosakaridase. Senyawa tersebut akan terfermentasi di dalam sistem pencernaan dan dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium.

10. Memiliki Energi yang Lebih Banyak

wallpaperscraft.com

Pisang memiliki kandungan glukosa yang tinggi, dan kebanyakan mudah untuk dicerna sebagai gula untuk sumber energi. Dengan mengonsumsi pisang sebelum olahraga, kamu akan mendapatkan tambahan energi yang lebih banyak. Bahkan, pelari maraton juga makan pisang sebelum, saat, dan setelah mereka berlari lho.

11. Tubuh Akan Melawan Penyakit

healthnatural.club

Walaupun pisang tidak mengandung vitamin A, tetapi pisang dapat membantu meringankan penyakit kekurangan vitamin A. Di dalam pisang banyak terdapat provitamin A karotenoid beta-karoten dan alfa-karoten. Dan, dalam sebuah arikel disebutkan bahwa makanan yang tinggi karotenoid dapat melindungi tubuh dari bahaya penyakit =.

12. Bahkan Dapat Melawan Kanker

dddmag.com

Salah satu antioksidan yang terdapat dalam pisang adalah delpinidin yang memiliki sifat anti tumor. Dalam sebuah penelitian di Food and Chemical Toxicology, delpinidin diaplikasikan pada sel kanker perut. Ternyata, hasilnya resiko kanker dapat dikurangi.

13. Tekanan Darah Jadi Lebih Rendah

doctormurray.com

FDA mengatakan bahwa kombinasi antara sodium rendah dan potasium tinggi yang masuk dalam tubuh berhubungan dengan tekanan darah yang rendah serta kemungkinan terkena stroke lebih kecil. Nah, di dalam pisang terdapat kandungan potsium yang tinggi dan rendah sodium. Jadi, pisang sangat cocok dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah dari terkena serangan jantung serta penyakit stroke.

14. Darah Menjadi Lebih Kuat

Maksud dari darah menjadi lebih kuat adalah tidak kekurangan darah, yang artinya kamu akan terhindar dari yang namanya anemia. Hal ini dapat terjadi karena di dalam pisang terdapat banyak kandungan zat besi. Zat besi ini sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya anemia lho. Jadi, jika kamu ada tkamu-tkamu kurang darah, makan saja pisang setiap hari.

15. Penglihatan Jadi Makin Jelas

taranatureepa.co.id

Di dalam pisang, terdapat vitamin A dan C, di mana, keduanya adalah antioksidan dan nutrisi untuk mata serta kulit. Pisang juga mengandung beta karoten yang merupakan antioksidan juga. Dan ternyata beta karoten mampu melindungi dan memperbaiki kerusakan di tingkat sel. Selain itu, pisang juga mengandung zat gizi lain seperti vitamin E dan lutein. Kedua zat gizi tersebut bagus sekali untuk kesehatan mata.

16. Detoksifikasi

smart-detox.web.id

Pektin di dalam pisang sangat tinggi, dan itu bagus sekali untuk detoksifikasi. Pektin merupakan gelatin yang seperti serat dan akan menempel pada senyawa racun di dalam darah dan membuang mereka dari tubuh melalui urin. Jadi, mengonsumsi pisang yang kaya akan pektin dapat membantu tubuh mengeluarkan racun yang dibuang bersama dengan urin.

Nah, itu tadi 16 hal yang akan terjadi jika kamu mengonsumsi pisang. Bagaimana? Apakah kamu tidak tertarik dengan buah yang satu ini? Tentu jadi tertarik untuk mengonsumsinya kan? Buruan siapkan persediaan, agar setiap hari bisa makan pisang dan tubuh menjadi semakin sehat.

Leave a Comment