buah apel juga mampu menghilangkan ngantuk

Selain Kopi, 6 Makanan Ini Juga Ampuh Bikin Mata Kamu Melek

Makanan yang Bikin Melek – Hai, kamu pasti sudah tahu dong bahwa kopi adalah minuman yang dapat membuat mata kamu sulit untuk terpejap, menghilangkan ngantuk dan sangat pas buat menemani kamu saat begadang nonton bola.

Yaaa, walaupun bukan hanya nonton bola saja, banyak aktifitas yang membutuhkan keseriusan dan kefokusan yang menyebabkan mata mengantuk, jadi harus meminum kopi untuk menjaga agar mata tidak mengantuk.

Kamu tahu enggak sih? Kalau kebanyakan dan keseringan minum kopi ternyata bahaya loh! Kopi itu kan mengandung zat yang dapat membuat kamu candu, jadi sekali kamu minum kamu mungkin akan menginginkan minum untuk yang kedua dan ketiga.

Nah buat kamu yang sering dan udah candu banget mending, rehab deh, soalnya banyak sekali bahaya jika mengkonsumsi kopi terlalu banyak dan berlebihan. Salah satu bahaya dalam jangka panjang mengkonsumsi kopi, akan menyebabkan kamu terkena diabetes. Ngeri kan.

Tapi kali ini saya enggak mau membahas tentang bahaya kopi, karena buat para pecinta kopi, kopi itu memiliki filosopi tersendiri dalam kehidupan. Hehehe, bener enggak? “terus giamana dong, biar saya tidak ngantuk atau kuat melek?”

Kamu perlu tahu nih, bahwa banyak sekali makanan yang sehat yang bisa membuat mata kamu kuat untuk begadang. Buat kamu yang bekerja sebagai satpam malam, atau pekerjaan lainnya di waktu malam yang membutuhkan kekuatan mata melek, ada beberapa makanan yang bisa membuat kamu melek.

Bukan hanya melek, namun juga dapat membuat tubuh kamu fit! “ loh emang ada makanan sehat yang bisa membuat mata kuat untuk melek?” ya ada lah, mau tahu? Berikut adalah beberapa makanan sehat yang dapat membuat mata kamu melek.

1. Susu Yogurt

susu yogurt

Sumber : http://powerhousekickboxing.com/

Kamu pasti udah tahu dong apa itu yougurt, yogurt adalah minuman berbahan dasar susu yang sudah di fermentasikan yang pastinya sehat dan memiliki banyak manfaat untuk kelancaran sistem pencernaan dalam tubuh kamu.

Selain itu yogurt juga mampu membuat mata kamu melek, gak percaya? Ternyata dalam kandungan susu fermentasi tersebut terdapat rasa asam dan kecut yang pastinya akan langsung membuat mata kamu kicep-kicep dan engga ngantuk lagi.

Jadi buat kamu yang masih ngeyel kalau yougurt tidak membuat melek, kamu bisa coba deh. Yogurt lebih kaya manfaatnya di bandingkan sama kopi, buat kamu juga yang sering ngantuk saat belajar bisa membawa belak minuman susu yang satu ini.

2. Makanan yang Mengandung Gandum

makanan yang mengandung gandung mampu mengatasi ngantuk

Sumber : http://www.khasiat.co.id/

tKamu bisa memakan makanan yang mengandung gandung ini, sebagai cemilan buat kamu ketika sedang bekerja didepan leptop atau sebagai teman ngobrol kamu ketika kamu sedang menjaga di waktu malam. Selain mengenyangkan makanan yaang mengandung gandum juga mampu membuat mata kamu melek.

Tidak hanya membuat kamu tahan melek, makanan yang mengandung gandum juga mampu menghilangkan rasa kantuk. Jadi mulai sekarang memakan makanan yang memiliki kandungan gandum untuk menemani kamu saat ngantuk.

Karena seperti yang sudah kita ketahui bahwa gandum akan membuat perut kamu terisi dan kenyang, jadi ketika kamu kenyang akan membuat energi kamu kembali. Salah satu contoh makanan yang mengandung gandum ini adalah jenis-jenisbiskuit.

3. Jenis Telur-telur an

berbagai jenis telur

Sumber : http://www.foodpeopleplaces.com/

Ternayata telur juga termasuk kedalam makanan yang bikiin melekloh. Jenis-jenis telur? Telur yang biasa di konsumsi manusiakan ada dua jenis, kalo enggak telur ayam ya telur bebek. Kedua jenis telur ini memiliki kandungan dan manfaat yang tidak jauh berbeda. Buat kamu yang suka telur, jangan sungkan untuk membeli telur dan memakannya.

Baca Juga : Peluang Usaha Es krim

Karena telur juga mampu menggantikan kopi sebagai penghilang rasa kantuk, kenapa telur? Karena pada telur ayam dan bebek mengandung banyak protein yang mampu menghilangkan rasa ngantuk pada mata. Selain itu telur juga bisa membuat tubuh kamu kuat dan tidak mudah lelah dalam melakukan aktifitas.

4. Sayuran Buncis

buncis juga mampu membuat melek

Sumber : http://abcdsofcooking.com/

Makanan selanjutnya yang ampuh membuat mata kamu melek adalah buncis, kamu tahu enggak apa itu buncin? Buncis adalah salah satu jenis tanaman sayur-sayuran yang pastinya memiliki kandungan zat dan gizi yang tinggi dan baik untuk di konsumsi oleh tubuh.

Pada buncis terdapat banyak sekali karbohidrat kompleks dan protein, kedua kandungan tersebut mampu membuat energi tubuh meningkat dan stabil. Saat tubuh dan energi kita stabil secara otomatis rasa kantuk yang ada akan segera hilang.

Baca Juga : Tempat Makan yang Recommended di Kota Depok

Sayuran buncis ini sangat bermanfaat dan berguna buat kamu yang kalau dikelas suka tidur atau pelor (nempel molor) untuk menghilangkan kebiasaan buruk, bisa jadi kamu ngantuki bukan karena tidur larut malam, tapi karena kekurangan karbohidrat kompleks.

Sudah dapat dipastikan mengkonsumsi buncis akan membuat tubuh kamu sehat, selain karena buncis termasuk ke dalam sayur-sayuran. Kamu bisa mengolah buncis sebagai sayur oseng atau jenis makanan lainnya, sehingga terlihat tidak membosankan.

5. Buah-buahan Termasuk Makanan yang Bikin Melek

semua jenis buah

Sumber : http://medicaldaily.com/

Tidak hanya sayur-sayuran saja yang mamapu membuat mata kamu melek dan tidak mudah ngantuk, buah-buahan juga mampu dan ampuh untuk membuat mata kamu tetap melek. Buah-buahan ini dijamin dan termasuk makanan yang sehat.

Tidak hanya sehat kandungan gizi yang ada pada buah juga sangat dibutuhkan tubuh manusia, baik itu dalam menetralkan, menyeimbangkan, dan meyembuhkan penyakit. Salah satu yang membuat buah mampu membuat melek adalah terdapatnya berbagai jenis Vitamin dan mineral.

Vitamin yang bisa membuat kamu tidak ngantuk adalah vitamin C dan rata-rata buah yang memiliki vitamin C terdapat rasa kecut atau asam yang pastinya membuat mata kamu melek. Salah satu buah yang menganduk banyak vitamin C adalah jeruk.

6. Buah Apel

buah apel juga mampu menghilangkan ngantuk

Sumber : http://onehdwallpaper.com/

Salah satu jeni buah yang besar khasiatnya dan ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk adalah buah apel, kamu bisa dengan mudah membeli dan menemukan buah apel ini di setiap toko penjual buah di daerah kamu.

Di apel terdapat banyak sekali kandungan vitamin dengan berbagai macam jenis, hal penting dari buah apel ini adalah bisa membuat mata kamu kembali segar kembali. Kamu bisa menjadikan buah ini sebagai teman kamu saat begadang atau ke kantor.

Sebaiknya konsumsi apel terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan yang menguras mata kamu agar cepat lelah. Sehat bukan? Makan apel untuk menambah daya tahan tubuh dan menghilangkan ras kantuk yang terus menyelimuti mata dan pikiran kamu.

Baca Juga : Makanan Mentah yang Bisa Dimakan

Gimana? Enam makanan diatas sehat-sehat bukan, selain sehat keenam makanan diatas juga sangat ampuh untuk menghilangkan rasa kantuk yang melkamu dan cock untuk menjadi teman kamu saat sedang begadang atau melekan.

Jadi bukan berarti meminum dan mengkonsumsi kopi tidak boleh, hanya saja jika ada yang lebih sehat dan bermutu kenapa tidak? Boleh saja meminum kopi sekali dua kali, asal tidak menjadi priorotas utama, sebagai teman begadang dan penghilang rasa kantuk.

Mari sama-sama kita hidup sehat dengan mengatur pola makan dan jenis makanan yang masuk kedalam tubuh kita. Eummm mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan semoga ke enam makanan yang bikin melek ini mampu menjadi solusi buat kamu dan pengetahuan buat kamu.

Leave a Comment