9 Makanan Terlezat di Dunia, Salah Satunya dari Nusantara

Bicara masalah makanan memang nggak ada habisnya, mulai dari makanan yang ada di Indonesia sampai dunia. Buat kita orang Indonesia, tentu sudah nggak asing dengan berbagai jenis makanan yang selalu menemani kita setiap hari. Dan, salah satu makanan yang nggak bisa lepas dari kita adalah nasi, belum dibilang makanan kalau belum makan nasi, begitulah kata orang.

Tapi, makanan itu nggak cuma sebatas yang ada di Indonesia saja lho. Kalau kamu amati, makanan khas Indonesia aja udah ada banyak banget, gimana makanan dari seluruh dunia ya? Tentu lebih banyak dan kita nggak tahu ada berapa jumlahnya.

Di antara banyaknya makanan di dunia ini, ada lho beberapa yang masuk ke dalam makanan terlezat. Bahkan, salah satunya ada yang berasal dari Indonesia lho. Penasaran? Berikut ini makanan terlezat di dunia yang perlu kamu coba.

1. Rendang

exciteindonesia.wordpress.com

Makanan yang berasal dari Padang dan berbahan dasar daging ini tentu sudah nggak asing lagi buat kamu. Nah, ternyata rendang ini masuk ke dalam makanan terlezat di dunia lho. Kalau kita sebagai orang Indonesia sih mungkin udah biasa ya, tapi bagi orang luar negeri, ternyata rendang memiliki rasa yang kaya, pasti dari rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbunya.

Bahkan, pada tahun 2011, rendang menjadi makanan nomor satu yang paling enak di dunia. Wah, mungkin berkat predikat itu, rendang di warung padang bakalan jadi serbuan wisatawan asing ya. Tapi, yang jelas harga rendang tetap sama, nggak lebih murah tentunya.

2. Neapolitan Pizza

dishmaps.com

Makanan terlezat selanjutnya adalah neapolitan pizza, asalnya dari Italia. Pizza yang satu ini bukan seperti yang sering ada di Indonesia lho. Pizza nya cukup sederhanya, bahkan cuma terkesan kayak gitu aja. Tanpa topping yang wah atau pelengkap yang mewah.

Neapolitan pizza merupakan pizza sederhana dengan topping saus tomat dan keju mozarella saja. Walaupun hanya ber-topping sesuatu yang sederhanya, tapi jenis pizza yang satu ini mampu menjadikannya sebagai salah satu makanan terlezat di dunia.

Untuk membuatnya, kamu hanya memerlukan bahan yang sederhana lho. Cukup buat adonan untuk roti pizza nya, kemudian bahan lain seperti tomat, minyak zaitun, daun kemangi, keju mozarella, dan garam. Tertarik untuk membuatnya? Kamu bisa coba buat sendiri di rumah, tapi, rasa dari masakan itu juga tergantung yang masak lho.

3. Sushi

naoki-sushi.com

Sushi merupakan salah satu makanan yang berasal dari Jepang. Bukan hanya di negara asalnya saja, tapi makanan yang memiliki bentuk seperti lemper dipotong-potong ini juga punya penggemar dari berbagai belahan dunia. Contoh paling gampang tentu saja di Indonesia, kamu akan menjumpai berbagai macam restoran Jepang yang menyajikan menu ini.

Sebenarnya, bukan hanya di Indonesia saja lho restoran Jepang itu menjamur. Di negara lain pun juga terdapat restoran dari Negara Matahari Terbit itu. Dan, tentu saja menu kamulan mereka adalah sushi, yang konon katanya perlu latihan khusus untuk membuat sushi yang benar-benar lezat lho.

4. Tom Yum Goong

foodtolove.com.au

Kalau dilihat sekilas, mungkin kamu bakal mengira kalau makanan yang satu ini adalah gulai. Tapi, begitu diaduk-aduk, eh, ternyata ada udang, jamur, tomat, lengkuas, sereh, sama daun jeruk purutnya. Begitu dirasain, ada rasa pedas, asam, dan asinnya. Setelah itu kamu akan tersadar kalau itu bukanlah gulai, melainkan tom yum goong.

Makanan ini berasal dari Thailand, negara yang masih ada di kawasan Asia Tenggara. Dan, tom yum goong ini juga menjadi salah satu makanan terlezat yang perlu kamu coba lho. Rasanya itu seger, karena ada perpaduan antara asam dan juga pedas. Pokoknya pas deh, dan masih masuk lah sama lidah orang Indonesia.

5. Bebek Peking

sukalaper.com

Kalau kamu berkesempatan main ke Beijing, jangan lupa mencicipi bebek peking yang ada di sana ya, cari yang halal tentunya. Kenapa? Karena, bebek peking juga masuk ke dalam makanan terenak yang ada di dunia ini.

Bayangin aja nih, kulit bebek yang tipis dan gurih, daging bebeknya yang empuk, kuahnya yang menggoda, dan saus pedamping yang akan menambah kelezatannya. Tentu semua itu akan membuatmu penasaran kan? Kalau iya, coba aja ke restoran yang ada di Indonesia dulu, pasti rasanya sama enak dan lezat kok.

6. Coklat

healthnutnews.com

Siapa sih yang nggak suka sama coklat? Hampir semua orang suka kan? Mulai dari anak-anak yang giginya masih pada ompong, sampai orang tua yang udah jadi ompong. Semua suka sama coklat, dengan rasa yang sedikit pahit dan teksturnya yang lunak dan lumer di mulut.

Coklat yang menjadi makanan terlezat di dunia ini bukan hanya sebatas coklat batang saja ya. Tapi juga coklat yang dibuat menjadi beraneka macam makanan seperti roti, kue kering, makanan ringan lain, minuman hangat, dan lainnya. Pokoknya, yang memakai bahan dasar coklat lah, pasti kan banyak banget tuh.

7. Dim Sum

chatrium.com

Dim sum, salah satu makanan yang sangat cocok dimakan bersama teman maupun keluarga. Rasanya yang enak dan teksturnya empuk. Kalau pengen merasakan keenakan yang asli, kamu perlu cobain dim sum yang dari negeri asalnya. Tapi harus waspada ya, soalnya di sana kebanyakan makanannya nggak halal, jadi harus cari informasi dulu biar nggak makan makanan haram.

8. Massaman Curry

partial-ingredients.com

Kamu tentu agak asing dengan nama makanan yang satu ini? Ya, memang massaman curry merupakan makanan yang tidak begitu populer. Tapi, makanan ini menjadi salah satu makanan terenak di dunia pada tahun 2011 lho. Walaupun ada beberapa orang yang nggak setuju sih dengan ditetapkannya massaman curry sebagai makanan terenak.

Jenis kari ini dibuat dengan menggunakan daging sapi, tetapi ada juga yang memodifikasinya memakai daging bebek, ayam, ataupun tahu. Sama seperti kari pada umumnya, untuk menikmati massaman curry biasanya bersama dengan nasi. Apalagi nasinya masih panas, rasa pedas, gurih, dan manisnya tentu akan menjadi semakin nikmat.

9. Ramen

wagamama.com

Selain sushi, makanan Jepang lainnya yang banyak digemari masyarakat dunia adalah ramen. Bukan hanya ramen yang disajikan dan dibuat di restoran saja lho, tapi juga ramen instan yang biasanya digemari anak kosan.

Nah, ramen ini mirip seperti mie ayam kalau di Indonesia, tapi memiliki tampilan dan rasa yang tentu saja berbeda. Memakan ramen pun ternyata punya cara tersendiri, yaitu menggunakan sumpit. Ketika makan ramen, semakin kamu mengeluarkan suara saat menyeruput mienya, maka semakin tinggi pernghormatan yang kamu berikan pada pembuat makanan tersebut.

Jenis ramen yang ada di dunia ini juga ada banyak lho, mirip kayak mie instan di Indonesia, ada rasa soto atau rendang. Tapi, kalau ramen tentu tidak ada kedua rasa tersebut, tapi yang pasti, rasanya tetap patut untuk dicoba.

Leave a Comment