12 Makanan Favorit Mahasiswa, Ketika Tanggal Semakin Senja

Sebagai mahasiswa, apalagi yang merantau, masalah kiriman kadang menjadi kendala. Terutama buat kamu yang belum terbiasa jauh dari orang tua. Awal bulan, biasanya jajan nggak kira-kira, kiriman baru datang soalnya. Tapi, begitu tanggal udah mendekati 30, mulai deh diirit-irit duitnya.

Bener nggak? Kamu yang anak perantauan pasti pernah merasakannya. Lalu kemudian sadar, bahwa hidup dengan kesenangan di awal bulan memang menyenangkan. Tapi, ketika datang akhir bulan, dunia serasa nggak memihak pada kita.

Akhirnya, menu makanan pun seadanya, tapi yang jelas nggak sampai lah cuma makan sama nasi dan garam saja. Nah, ternyata ada lho beberapa makanan yang jadi favoritnya mahasiswa ketika tanggal tua.

1. Mie Instan

hipwee.com

Salah satu makanan yang wajib ada di kamar kosan mahasiswa adalah mie instan. Kenapa makanan yang satu ini dipilih? Pertama, tentu saja harganya murah. Kedua, Bikinnya praktis, tinggal masak air, cemplungin mie, tambah bumbu, diaduk, siap deh untuk disantap.

Cocok banget buat anak kos yang sering di akhir bulan uangnya tinggal dikit. Beli mie instannya di warung, masaknya di kosan temen, makin hemat deh itu. Bener nggak? Udah gitu, makannya ditambah sama nasi lagi, biar kenyangnya lebih tahan lama.

2. Nasi Kucing di Angkringan

panduanwisata.id

Walaupun nasi kucing ini awalnya cuma ada di Jogja, sekarang di kota-kota besar sudah nggak sulit lagi menemukan makanan murah ini. Yah, walaupun dijualnya bukan di angkringan, tapi tetep dinamain nasi kucing kok.

Kalau mahasiswa lagi kepepet, nasi kucing ini biasanya menjadi pilihan menu akhir bulan. Dengan uang kurang dari lima ribu, kau sudah dapat nasi, dengan lauk dan sambel. Tapi ingat, jangan main ambil gorengan sepuasnya ya. Bisa-bisa, kamu nanti bayar dengan jumlah yang lebih mahal dari pada makan di restoran.

3. Telor Dadar + Kecap

kumpulanresepmudah.blogspot.co.id

Makanan murah lainnya yang jadi favorit mahasiswa saat tanggal mulai senja adalah nasi telor sama kecap. Ini termasuk masih mewah sih, soalnya masih ada sumber protein di sana.

Kalau nggak nasi telor dadar dan kecap, kadang para mahasiswa juga milih nasi telor, sayur, dan sambal. Menu yang ini lebih lengkap, karena sudah ada sayur sebagai sumber vitaminnya. Jadi, di akhir bulan, bisa jadi mahasiswa gonta ganti antara dua menu ini saja lho.

4. Nasi + Kecap

jofanasha.wordpress.com

Nah, yang lebih mengkhawatirkan dari pada nasi telor sama kecap ya menu yang satu ini. Cuma nasi sama kecap aja menunya. Pastilah mahasiswa-mahasiswa yang emang udah nggak punya pilihan lain lagi nih. Uang cuma pas-pasan, mau ngutang nggak enak sama teman, jadilah nasi dan kecap pilihan.

Mahasiswa yang lebih ngirit lagi, biasanya akan masak nasinya sendiri. Karena, rice cooker sudah disiapkan di dalam kamar untuk kondisi mendesak di akhir bulan.

5. Main ke Tempat Temen Biar Gratis

generusjaktim2.wordpress.com

Pilihan lain yang jadi favorit para mahasiswa adalah main ke tempat temen. Terutama, temen yang rumahnya ada di kota tempat mereka menuntut ilmu di bangku kuliah.

Mahasiswa pejuang akhir bulan, biasanya sudah punya list, rumah mana saja yang akan jadi kunjungan mereka. Mulai dari rumah temen yang deket sama kampus, rumah temen yang punya warung makan, atau temen yang orang tajir. Data-data itu pasti udah ada di dalam pikiran mahasiswa di tanggal yang semakin senja.

6. Senampan Rame-rame

donnyyordan.wordpress.com

Kalau cara yang satu ini biasanya dilakukan sama mahasiswa dengan teman seperjuangan. Saat tanggal muda, mereka makan enak dan lupa kalau sekarang masih awal bulan. Begitu akhir bulan, akhirnya mereka beramai-ramai makan dalam satu nampan.

Yah, hitung-hitung menambah keakraban sambil makan senampan. Tapi jangan cuma makan berduaan aja ya. Kalo kamu cewek sih mungkin nggak apa-apa. Nah, yang repot itu kalau kamu cowok, bisa-bisa temen kos yang lain akan berpikiran yang macam-macam tentang dirimu.

7. Beli Lauk Pagi, Buat Siang Sama Malem

food.detik.com

Mahasiswa yang sudah punya perencanaan, biasanya akan melakukan cara yang satu ini. Dia beli lauk yang masih terjangkau, enak, dan banyak. Nah, lauk itu biasanya akan dibeli pada pagi hari, tentu saja nggak langsung dihabiskan. Masih ada dua jadwal makan lagi yang bisa diisi oleh lauk tersebut.

Favoritnya lagi, kadang malah nggak beli lauk, tapi cuma sayur aja. Di kosan udah masak nasi sendiri, sayur dimakan buat pagi, siang, sama malem. Kalau masih sisa, masukin rice cooker biar bisa dimakan keesokan harinya.

8. Nasi + Sarden

kpinkaddict.blogspot.co.id

Nasi tambah sarden juga menjadi menu favorit mahasiswa di tanggal yang sudah senja. Cukup beli beberapa kaleng sarden, bisa buat bertahan hidup sampai bulan depan. Dan, lauk sarden ini bisa dinikmati di pagi, siang, dan malam hari lho.

Selain sarden, kalau makan di warung, ada juga pilihan ikan selain sarden, biasanya mahasiswa memilih nasi bandeng. Sama-sama ikan sumber protein, dan sama-sama makanan enak yang harganya masih terjangkau untuk kantong mahasiswa di akhir bulan.

9. Mampir ke Burjo

provoke-online.com

Istilah burjo, mungkin hanya dikenal oleh mahasiswa yang kuliah di Jogja. Dulu, burjo merupakan warung yang biasanya buka 24 jam, dan ada menu bubur kacang hijau. Nah, kalau sekarang, burjo menunya bermacam-macam. Ada nasi telor, nasi sarden, nasi bandeng, dan mie instan. Cocok banget jadi pilihan mahasiswa yang dompetnya udah tipis di akhir bulan.

10. Energen

merdinein.blogspot.co.id

Minum makanan bergizi, begitulah yang mungkin terngiang ketika mendengar nama energen. Minuman iya, makanan juga iya, katanya bergizi lagi. Mungkin itu yang menyebabkan energen menjadi favorit mahasiswa yang sudah kehabisan bekal di akhir bulan.

Mahasiswa yang kesulitan dana, biasanya memilih energen sebagai menu sarapannya. Jadi, sebelum berangkat ke kampus, cukup bikin energen satu gelas untuk memenuhi kebutuhan energi selama satu hari.

11. Roti Sobek

potensibisniskecil.blogspot.co.id

Kalau mahasiswa yang kurang suka makan nasi dan males makan berat, roti sobek biasanya menjadi pilihan terakhir. Di samping nggak perlu nyiapin piring dan sendok, roti sobek juga cukup murah dan mengenyangkan setelah dimakan.

12. Warung Prasmanan (Nyendok Sepuasnya)

qdroologbook.wordpress.com

Pilihan yang sangat menggiurkan bagi mahasiswa adalah warung prasmanan yang harganya murah. Jadi, ambil nasi tiga centong, lauk tempe, sayur yang banyak kuahnya. Lengkap sudah kenikmatan buat mahasiswa yang duitnya sudah menipis.

13. Cari-cari Kajian

masjidjogokariyan.com

Buat yang sering ikut kajian ilmu, mungkin hal ini biasa saja. Tapi, buat mahasiswa yang kehabisan uang kiriman dan masih harus berhemat sampai bulan depan, kajian-kajian ilmu jadi pilihan.

Biasanya, di kajian akan ada makanan ringan, atau kalau hari senin dan kamis, ada kajian yang menyediakan buka puasa. Nah, buat mahasiswa, hal ini bisa jadi surga, dapet ilmu tentang agama, perut pun kenyang tanpa mengeluarkan dana.

Gimana? Apa kamu punya menu lain yang jadi favorit ketika tanggal mulai senja? Coba tulis di kolom komentar yang ada di bawah.

Leave a Comment