Makan Buah Itu Sebelum Atau Setelah Makan?

Buah menjadi salah satu makanan yang biasanya dinikmati setelah kita makan berat. Istilah kerennya adalah pencuci mulut, padahal kalau makan buah kita tetap mengunyah. Itu kalau kita memakan langsung buahnya lho ya, ketika sudah diolah tentu cara menikmatinya berbeda.

Sebenarnya ada banyak cara menikmati buah-buahan, tentunya selain langsung dimakan lho ya. Cara yang paling sering dilakukan kebanyakan orang adalah dengan membuatnya menjadi jus. Jus ini bisa dari satu jenis buah saja atau campur-campur, sehingga menghasilkan rasa yang tidak seperti biasanya.

Kalau ngomongin buah, kadang ada sedikit pertanyaan yang mungkin kamu alami juga. Sebaiknya makan buah itu sebelum atau sesudah makan?

Sebelum kita ngomongin tentang hal itu, lebih baik belajar dulu tentang buah-buahan yuk!

1. Fakta Tentang Buah-buahan

dhanyinfo.blogspot.co.id

Tentu kita semua sudah tahu kalau buah memiliki segudang manfaat jika dikonsumsi. Buah banyak mengandung vitamin yang tentu sangat diperlukan oleh tubuh. Buah juga kaya akan serat yang akan mencegah terjadinya masalah dalam sistem pencernaan kita. Bahkan dibeberapa buah juga terdapat antioksidan yang sangat baik untuk mencegah radikal bebas dari polusi di sekitar kita.

Selain beberapa kandungan yang baik dalam buah, ternyata di dalam buah-buahan tidak terdapat kolesterol lho. Hal ini tentu sangat baik untuk tubuh, dan kita tidak perlu takut untuk makan buah sehari-hari.

2. Makan Buah Setiap Hari

laperma.co.id

Dengan banyaknya kandungan gizi yang terdapat di dalam buah-buahan, tentu akan sangat baik jika kita dapat mengonsumsinya setiap hari.

Kenapa harus setiap hari?

Jika kita mengonsumsi buah setiap hari, tubuh akan mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang cukup untuk kebutuhan harian. Sehingga kebutuhan kita dapat terpenuhi dengan konsumsi buah-buahan yang rutin.

Dengan kebutuhan vitamin yang terpenuhi setiap hari, tentu tubuh akan menjadi lebih sehat. Bahkan kalau kamu mengonsumsi buah dengan kandungan vitamin tertentu, akan terlihat wajah menjadi awet muda lho.

Selain itu, kandungan serat di dalam buah juga akan sangat membantu dalam proses pencernaan. Buat kamu yang mengalami sembelit atau sulit buang air besar, coba deh konsumsi buah-buahan setiap hari. Setelah rutin konsumsi buah setiap hari, pasti pencernaan kamu akan menjadi lebih sehat dan buang air besar jadi lancar.

Selain itu, konsumsi buah juga ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh lho. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, di dalam buah-buahan terdapat antioksidan. Senyawa tersebut akan mampu mencegah mencegah terjadinya radikal bebas di dalam tubuh. Bahkan antioksidan juga berfungsi untuk melawan sel kanker.

3. Sebelum Atau Sesudah Makan?

sunvalleypediatricdentistry.com

Makan buah itu sebenarnya tidak ada aturan, entah itu mau sebelum atau sesudah makan. Paling penting dan kamu perlu tahu dari makan buah adalah memakannya di saat yang tepat. Kamu bisa makan buah saat pagi, siang, atau malam hari. Jadi tidak perlu memperdebatkan mau makan buah sebelum atau sesudah makan.

Hal yang perlu diperhatikan bukan makannya sebelum atau sesudah makan, tapi ketika buah sudah dikupas. Setelah kamu mengupas buah dan memotong-motongnya, sebaiknya segera dikonsumsi. Hal ini untuk mencegah zat gizi di dalam buah menjadi hilang, dan ketika masuk ke dalam tubuh, kita akan mendapatkannya dengan maksimal.

4. Ternyata Selama Ini Keliru

herbeauty.co

 

Di masyarakat kita, kebanyakan akan memakan buah setelah makan. Waktunya pun tidak lama, jadi tepat setelah makan kita akan langsung mengonsumsi buah-buahan. Namanya aja pencuci mulut, tentu digunakan untuk membersihkan mulut dari sisa makanan yang masih ada.

Padahal hal itu keliru lho. Walaupun tidak ada aturan yang pasti tentang cara makan buah yang benar, apakah sebelum atau setelah makan besar. Tetapi makan buah yang baik itu adalah ketika keadaan perut masih kosong.

Saat perut kosong inilah sebaiknya kita makan buah-buahan. Ketika perut sedang kosong dan kita makan buah, maka penyerapan zat gizi dari buah akan dapat maksimal. Buah juga akan menjadi detoks yang sangat efektif untuk tubuh serat kandungan gizi dalam buah akan terserap secara maksimal.

5. Ada Jeda Waktunya

dwimailana.blogspot.co.id

Ketika kita akan buah, ada hal yang perlu diperhatikan juga lho. Mengonsumsi buah-buahan itu ada jeda waktunya, entah itu sebelum ataupun sesudah makan besar.

Kalau kamu mengonsumsi buah sebelum makan besar, sebaiknya 20-30 menit sebelumnya. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan waktu pada sistem pencernaan untuk mencerna buah-buahan yang kita konsumsi. Agar semua zat gizi di dalam buah dapat terserap dengan maksimal.

Tapi jika kamu makan buah saat siang hari, sebaiknya makan 1 jam sebelum makan besar. Agar gizi di dalam buah dapat terserap dengan maksimal.

Jika kamu mau mengonsumsi buah-buahan setelah makan besar, usahakan setelah 3 jam. Hal ini dilakukan karena makan besar membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat tercerna. Waktu 3 jam dirasa sudah cukup mencerna semua makanan yang masuk ke dalam perut. Sehingga ketika kamu makan buah, maka penyerapannya juga akan lebih maksimal lagi.

6. Sunnah Nabi

donnyyordan.wordpress.com

Ternyata makan buah sebelum makan besar juga ada ajarannya dalam agama Islam lho. Bahkan salah satu ayat dalam Al-Qur’an juga menjadi acuan untuk memakan buah sebelum makan besar.

وَفَاكِهَةٍ مِمَّا يَتَخَيَّرُونَ (20) وَلَحْمِ طَيْرٍ مِمَّا يَشْتَهُونَ

Dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan”. (Al Waqi’ah 20-21)

Dari ayat tersebut, ada di antara ulama yang menggunakannya sebagai dalil bahwa penyebutan buah terlebih dahulu baru kemudian daging adalah anjuran dalam Islam untuk makan buah dulu baru kemudian makan besar.

Al-Gazali rahimahullah berkata,

“Dianjurkan mendahulukan makan buah jika karena sesuai dengan ilmu kedokteran yaitu lebih cepat dicerna maka lebih baik buah lebih bawah (dalam perut) daripada hidangan (makanan pokok). Dalam Al-Quran ada peringatan untuk mendahulukan makan buah yaitu dalam firman Allah,”Dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan”. (Ihya Ulumuddin)

Selain Al-Gazali, Imam An-Nawawi rahimahullah juga mengatakan sebuah dalil,

“Imam An-nawawi telah menyebutkan ketika menjelaskan hadits Abi Al-Haitsam bin Thihan tatkala ia datang kepada Nabi Shallallahu alaihi wa sallam dan ada Abu Bakar dan Umar. Ia membawa wadah yang berisi kurma basah dan kurma kering, kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam berkata,

‘makanlah ini (kurma), kemudian mengambil hidangan dan kemudian pergi.

Imam An-Nawawi menjelaskan bahwa hadits tersebut merupakan dalil tentang dianjurkannya untuk makan buah terlebih dahulu, baru setelah itu daging, roti, dan makanan pokok lainnya.

Dari beberapa dalil di atas, tentu kita akan mendahulukan makan buah terlebih dahulu dari pada makan besar. Selain menurut ilmu yang sudah berkembang sekarang, mengonsumsi buah sebelum makan besar tentu akan mengikuti apa yang diajarkan oleh Nabi Shallallahu alaihi wa sallam.

Leave a Comment