ibu hamil makan mie instan

Ibu Hamil Makan Mie Instan, Apakah Bahaya Bagi Kesehatan?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan – Mie Instant, siapa orang Indonesia yang tidak menyukainya? Bahkan makanan ini seperti sudah menjadi makanan pokok kebanyakan orang yang sedang dikejar waktu. Karena mie instant ini salah satu kelompok makanan yang penyajiannya paling praktis serta populer dari jenis makanan yang pernah ada.

Itulah kenapa kerap kali kita mengkonsumsinya hanya sekedar untuk mengganjal perut kita yang sedang kelaparan atau kita mengkonsumsinya di saat-saat tertentu. Bahkan ada yang menjadikan mie instant  sebagai makanan pokok mereka dalam kehidupan sehari-hari.

ibu hamil makan mie instan
was-was.com

Padahal dari segi medis, mengkonsumsi mie instant secara rutin dapat mengganggu kesehatan kita terutama sistem pencernaan di dalam tubuh. Dan ada aturan khusus agar Ibu hamil tetap sehat dalam mengkonsumsi mie instant ini.

Lalu bagaimana jika mie instant ini dikonsumsi oleh Ibu hamil? Apakah masih sehat? Di artikel ini saya akan memberikan jawaban untuk kamu, para ibu ibu hami yang sedang menantikan kedatangan buah hatinya tentang pertanyaan kalian tersebut.

Komposisi Pembuatan Mie Instant

komposisi mie instan
wahbaca.blogspot.com

Sebelum kita lanjut untuk mengetahui tentang layak atau tidak ibu hamil makan mie instan. Akan sedikit saya beberkan komposisi dari pembuatan mie instant. Secara ringkas, sebenarnya mie instant terbuat dari beberapa bahan, yaitu sebuah adonan tepung yang dicampur dengan garam, minyak, cabai, dan sayuran kering.

Namun, untuk mendapatkan bentuk mie instant yang terstruktur seperti yang kita lihat sekarang. Ada satu zat tambahan tersebut yang bernama zat natrium polifosfat. Selain itu ada juga zat yang gunanya untuk menambah rasa nikmat dengan kuahnya yang juga terasa gurih.

BACA JUGAFakta Menarik Tentang Bahaya Makan Mie Instan [COVER BOTH]

Itu adalah efek samping penggunaan zat natrium karbonat dan kalium karbonat ditambah lagi zat penguat rasa seperti monosodium glutamate yang membuat rasa dari mie instant menjadi lebih nikmat dari makanan lainnya.

Nah, berdasarkan hal tersebut. Jika diringkas sebenarnya di dalam mie instant terdapat beberapa kandungan gizi seperti :

– karbohidrat,

– lemak,

– serat,

– vitamin A, B1, B6, C, B12,

– asam folat , dan

– kalsium serta zat besi.

Dan seluruh zat gizi yang terkandung di dalam mie instant itu memang juga diperlukan untuk kebutuhan perkembangan janin. Namun, jumlah keseluruhan kandungan gizi tersebut sebenarnya masih belum mencukupi kebutuhan gizi untuk para ibu hamil.

Cara mengatasi hal tersebut adalah dengan menambahkan beberapa konsumsi tambahan seperti sayur, buah, dan makanan segar lainnya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi yang sebelumnya kurang.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

ummi-online.com

Seperti yang kita bahas sebelumnya tentang komposisi bahan dan gizi yang terkandung di dalam mie instant. Sebenarnya ibu hamil dapat mengkonsumsi mie sebagai asupan gizi untuk kehamilan mereka. Dan tak bisa dipungkiri lagi, makanan yang juga telah disetujui oleh Departemen kesehatan ini menjadi makanan favorit bagi setiap orang dan terbilang cukup aman untuk dikonsumsi.

BACA JUGA : 15 Istilah Lain dari Babi Ini Perlu Dicatat Oleh Para Pemburu Halal Food

Namun di dalam hal tersebut tersimpan keuntungan dan kerugian yang dapat dialami oleh ibu hamil. Beberapa keuntungan dan kerugian tersebut adalah sebagai berikut.

Keuntungan Ibu Hamil Makan Mie Instan

arrahman.id

Pertama kita akan membahas tentang keuntungan yang dapat ibu hamil dapatkan dengan mengkonsumsi mie instant adalah seperti :

  • Waktu untuk mempersiapkan makanan menjadi lebih hemat dan cepat. Dengan merebus mie, setidaknya ibu hamil dapat menyiapkan hanya dengan waktu sekitar 5 sampai 10 menit. Sangan ringkas bukan.
  • Soal rasa, rasa dari mie instan juga bisa dikatakan sangat beragam. Ibu hamil biasanya mempunyai selera yang berbeda-beda di setiap waktunya. Dan hal tersebut dapat membantu ibu hamil dalam mengkonsumsi makanan karena rasa bisa disesuaikan.
  • Harga yang terjangkau. Tak bisa dipungkiri memang, harga mie instant relative murah dan dapat dijangkau dari kalangan atas sampai kalangan bawah. Dan ini dapat membantu juga untuk memenuhi ibu hamil dalam kebutuhan mereka untuk makan. Namun memang jika kita melihat kedalam komposisi yang ditawarkan mie instant. Bisa dibilang akan sangat kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Nah, beberapa hal diatas adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh ibu hamil dalam mereka memenuhi kebutuhan makanan dengan cara mengkonsumsi mie instant. Lalu, bagaimana dengan kerugian yang didapatkannya?

Kerugian Ibu Hami Makan Mie Instan

Sehatfresh.Com

Ada keuntungan, pasti ada kerugian. Hal seperti itu sebenarnya sudah bukan menjadi rahasia lagi. Namun sebenarnya yang lebih penting adalah kita bisa mendapatkan keuntungan yang lebih baik daripada hanya sekedar kerugian yang didapatkan.

Berikut ini adalah rincian kerugian ibu hamil yang bisa didapatkan jika mereka mengkonsumsi mie instant untuk memenuhi kebutuhan gizi kehamilan mereka. Kalian akan bisa membandingkan sendiri apakah mie instant memang baik untuk kamu dan janin kamu atau tidak. Berikut selengkapnya.

  • Kurangnya asupan nutrisi dan gizi. Benar, seperti yang kita ulas diatas. Dengan ibu hamil menjadikan mie instant menjadi makanan pokok pengganti sehari-hari. Sebenarnya nutrisi dan gizi yang dibutuhkan sangat kurang sekali sehingga ini akan mengganggu kelangsungan perkembangan ibu hamil dan janin.
  • Mie Instant mengandung zat aditif berbahaya. Tidak bisa dipungkiri bahwa mie instant dan produk makanan instant lainnya mempunyai kandungan zat aditif yang gunanya untuk menjadikan makanan menjadi lebih lezat, nikmat, awet, dan menguatkan rasa makanan.

Zat aditif tersebut sebenarnya dapat mengganggu pertumbuhan janin yang ada di kandungan ibu hamil. Terutama pada ibu hamil yang masih berada pada semester pertama, tidak dianjurkan untuk sering-sering mengkonsumsi mie instant karena sebenarnya dapat mengganggu atau merusak jaringan otak yang akan terbentu pada janin(calon bayi) nantinya.

BACA JUGA : 9 Tempat Makan di Malang Untuk Kamu yang Sedang Petualang

Maka dari itu, sebenarnya tidak disarankan untuk para ibu hamil mengkonsumsi mie instant dengan intensitas waktu yang sering karena akan mengganggu perkembangan bayi terutama di bagian jaringan otak anak nantinya.

Selain itu, jika ibu hamil mengkonsumsi mie instant dalam jangka waktu yang cukup lama. Itu juga akan mempengaruhi sistem metabolisme di dalam tubuhnya dan juga mereka akan mengalami obesitas yang cukup tinggi. Padahal di dalam kondisi hamil, menjadi seorang ibu hamil tidak boleh di dalam keadaan tersebut karena akan mengganggu proses kehamilan.

Sangan mengganggu bukan? Sebagai ibu hamil, saran kami adalah kamu meminimalisir mengkonsumsi mie instant dan alangkah baiknya benar-benar mengkonsumsi makanan yang layak makan. Karena sebenarnya juga mie instant termasuk makanan junk food yang mempunyai kandungan lemak jenuh yang banyak dan bisa membuat siapapun akan mengalami gangguan kesehatan, apalagi seorang ibu hamil.

Jadi, itulah ulasan singkat kami tentang “Bolehkan Ibu Hamil Makan Mie Instan?”. Semoga dengan ulasan singkat ini dapat membantu ibu hamil atau ayah yang sedang juga sedang menantikan kedatangan anaknya dapat menahan diri dari lezat dan mudahnya mengkonsumsi mie instant.

Lebih pedulikan perkembangan janin kamu agar nanti bisa menjadi anak yang hebat dan bermanfaat bagi sesama terutama kepada keluarga kalian. Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Ibu Hamil Makan Mie Instan, Apakah Bahaya Bagi Kesehatan?

Leave a Comment