Belajar Doa Sebelum dan Setelah Makan, Biar Tetep Varokah

Doa sebelum dan setelah makan – Bagi seorang muslim, doa merupakan sebuah cerminan dari sikap tawakal sebagai bentuk kerendahan dan ketidakberdayaan kita di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dengan berdoa sebelum maupun setelah melakukan aktivitas menunjukkan bahwa kita ini adalah makhkuk yang tunduk kepada Tuhan.

Di dalam Syariat Islam, berdoa merupakan sesuatu yang sangat dianjurkan. Kapanpun dan dimanapun kita berada. Tidak hanya ketika bersedih, dalam bahagia pun kita juga dianjurkan untuk berdoa.

Akan tetapi dalam setiap kesempatan kita telah diajarkan doa-doa khusus yang mana antara doa satu dengan yang lainny ini berbeda. Sehingga doa sebelum dan setelah melakukan aktivitas ini tidaklah sama. Sebagai contoh saja doa sebelum dan setelah makan yang biasa kita ucapkan.

Nah untuk doanya tersebut, berikut ini merupakan lafadz doa sebelum dan setelah makan yang sudah umum dan banyak digunakan oleh kita umat Islam.

Doa Sebelum Makan

doa sebelum makan kartun vektor upin ipin
Gambar via: youtube.com

Untuk lafadznya dalam tulisan atau arab sebagai berikut ini:

الَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Dalam tulisan latinnya: “Allahumma baarik lanaa fiima razaqtanaa waqinaa adzaa ban-naar”

Terjemahannya: “Yaa Allah, berkatilah rezeki yang engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka”.

Walaupun doa tersebut pendek dan mudah untuk dihafalkan, akan tetapi tidak jarang kita temui masih terdapat orang yang lupa untuk berdoa sebelum menyantap makanan.

Dalam hal ini kita telah di ajarkan oleh Rasullullah Shallallahu alaihi wasallam apabila lupa berdoa sebelum makan, kita dapat mengucapkan doa di tengah-tengah aktivitas makan kita. Tentunya doa yang diucapkan pun berbeda dengan doa yang dibaca sebelum makan.

Hadist ini datang dari Ibunda ‘Aisyah bahwa beliau berkata, telah bersabda Rasullullah Shallallahu alaihi wasallam, “Apabila seorang kalian ingin makan, hendaknya dia membaca bismillah. Dan jika ia lupa membaca di awalnya, hendaknya ia membaca bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi” (HR. Ahmad, al Tirmidzi, dan Ibnu Majah. Dishahihkan oleh Imam Al-Albani dalam Shahih Sunan Ibnu Majah nomor. 3264, Shahih Sunan Imam At-Tirmidzi nomor. 1513, al Irwa’ nomor 1965).

BACA JUGA: Bukti Kebohongan Bungkus Makanan yang Bikin Ngakak Guling-guling

Doa Setelah Makan

doa setelah makan kartun vektor upin ipin
Gambar via: imgrum.net

Untuk lafadznya dalam tulisan atau arab sebagai berikut ini:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Dalam tulisan latinnya: “Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin”

Terjemahannya: Segala puji hanya milik Allah yang memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami memeluk agama islam

Setelah kita selesai dan mengucapkan doa sesudah makan, terdapat adab setelah makan yang di syariatkan dalam Islam yaitu menjilati jari-jari tangan. Rasullullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Jika salah satu di antara kalian makan, maka janganlah dia bersihkan tangannya sehingga dia jilati atau dia minta orang lain untuk menjilatinya” (HR. Bukhari nomor. 5456 dan Muslim nomor. 2031).

Berhubungan dengan sunnah untuk menjilati jari-jari tangan setelah makan ini, kita pun dianjurkan makan dengan menggunakan tangan sendiri daripada menggunakan sendok makan. Selain bentuk ittiba’ kita kepada Rosul, ada manfaat lain dari segi ilmiah. Bahwa sebuah penelitian telah mengungkapkan adanya enzim-enzim yang keluar dari ujung jari-jemari.

Enzim-enzim ini merupakan bakteri yang mampu mempercepat pembusukan makanan sehingga sangat membantu organ tubuh kita dalam proses pencernaan makanan. Sehingga dengan adanya enzim ini alat pencernaan kita akan bekerja lebih ringan.

Membahas tentang manfaat, berikut ini merupakan sedikit manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita mengamalkan doa sebelum dan setelah makan.

BACA JUGA: 5 Menu Makan Malam yang Spesial dan Ideal

Manfaat Doa Sebelum dan Setelah Makan

Manfaat doa sebelum dan setelah makan
Gambar via: rumah-islam.com

Ternyata dari doa sebelum dan sesudah makan yang kita ucapkan terdapat berbagai manfaat yag luar biasa. Nah berikut ini merupakan ulasan tentang beberapa manfaat dari dapat kita ambil agar lebih mantap lagi dalam melakukan kebiasaan baik tersebut.

Mengikuti sunnah Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam

Hal ini sesuai dengan hadist yang diriwayatkan dari Ibunda ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda,

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

“Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”.” (HR. Abu Daud Nomor 3767 dan At Tirmidzi Nomor 1858. Imama At Tirmidzi mengatakan bahwa sanad hadits tersebut merupakan hasan shahih. Sedangkan Syaikh Al Albani berpendapat bahwa hadits tersebut memiliki sanad yang shahih)

Dengan adanya hadist ini, anjuran atau bahkan sebuah perintah jelas yang sebaiknya jangan sampai ditinggalkan. Karena dengan berdoa ini adalah bentuk rasa syukur kita terhadap nikmat yang diberikan oleh Allah kepada kita sebagai hamba.

Selain hadist diatas tersebut, masih ada banyak lagi hadist serupa tentang anjuran untuk berdoa sebelum maupun setelah makan. Sehingga kebiasaan berdoa ini haruslah dimulai dari masih anak-anak agar setelah dewasa menjadi karakter.

Menambah Keberkahan

Membiasakan diri untuk membaca doa sebelum dan setelah makan ketika hendak makan merupakan suatu hal yang mulia dan dianjurkan oleh syariat Islam. Bahkan hukum mengucapkan bisamillah ketika akan makan hingga wajib dan berdosa apabila ditinggalkannya.

Imam Ibnu Qoyyim berpendapat bahwa: “Yang benar ialah wajib mengucapkan “bismillah” ketika akan makan. Hadist-hadist yang memerintahkan terkait doa tersebut pun shohih. Tidak ada yang berselisih dan keluar dari maknanya. Orang yang makan dan minum tanpa berdoa akan dtemani syaiton dalam makanan dan minumnya.

Tentang berdoa sebelum dan setelah makan ini seorang Imam Ahmad juga berpendapat “Apabila dalam satu makanan terkumpul empat hal, maka makanan tersebut adalah makanan yang sempurna. Empat hal tersebut ialah menyebut nama Allah ketika hendak makan, memuji Allah setelah makan, banyaknya orang yang ikut makan dan berasal dari sumber yang halal.”

Sangat Bermanfaat bagi Kesehatan Manusia

Sebuah penelitian ilmiah tentang manfaat berdoa sebelum makan dan minum pernah dilakukan oleh seorang ilmuan dari Jepang bernama Dr Masaru Emoto. Dalam penelitian tersebut, beliau mendapatkan hasil yang ditulis dalam sebuah buku berjudul “The Hidden Message in Water”.

Di dalam buku tersebut menerangkan bahwa makanan dan minuman yang dibacakan doa sebelum dimakan akan mengalami perubahan susunan molekul menjadi lebih baik. Dari perubahan susunan molekul inilah yang memilki pengaruh besar terhadap manfaat dari makanan tersebut. Bahkan dalam buku tersebut juga menyebutkan bahwa makanan yang dibacakan doa sebelum di makan dapat mempengaruhi sifat orang untuk menjadi lebih baik.

Maka dari itu, sebelum memulai untuk makan ataupun minum, biasakanlah untuk berdoa terlebih dahulu. Karena hal tersebut menkamukan bahwa kita mengikuti sunnah Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Leave a Comment