Sate nusantara yang enak

Cobain 5 Aneka Sate Nusantara yang Bikin Lidah Menggelora

Sate adalah satu diantara ribuan makanan khas Indonesia yang telah didapuk sebagai makanan terlezat di dunia. Kelezatan sate memang sudah dikenal hingga ke mancanegara. Serunya, ada banyak ragam aneka sate  Nusantara yang bisa kamu jadikan referensi untuk berburu wisata kuliner. Beda daerah, beda juga citarasa, cara mengolah dan penyajiannya.

Bicara tentang sate, kurang bijak jika kita tidak menyinggung sedikit tentang sejarahnya. Panganan enak ini pertama kali dikenalkan oleh pedagang pinggir jalan tepatnya di kawasan pulau Jawa pada abad ke 19. Sejak saat itu sate mulai dikenal secara luas di berbagai negeri, bahkan sampai daerah Asia Tenggara dan Timur Tengah yang bisa dibilang cukup jauh.

Secara umum, sate dibuat dari berbagai bahan misalnya daging sapi, ayam, kelinci, kambing, ikan dan jamur. Biasanya sate disajikan dengan kecap yang ditambah irisan bawang merah, cabe, tomat dan perasan air jeruk nipis atau dengan saus kacang manis.

Pengen tahu apa saja aneka sate Nusantara yang sudah siap menggoyang lidahmu. Simak ulasan menarik di bawah ini!

1. Sate Padang

aneka sate nusantara
panduanwisata.id

Onde mande! Memang benar ya, selain terkenal akan budaya Minangnya yang cukup fenomenal, Padang ternyata jago banget loh bikin makanan yang super duper enak. Yup, kita semua pasti sudah tahu kalau rendang yang dikatakan sebagai makanan khas Padang itu masuk sebagai satu dari sepuluh makanan paling enak di dunia. Gimana keren kan?

Kalau rendang mah kita udah sering nyobain! Yang lain ada nggak? Tenang saja, tidak cuma rendang kok, Padang masih banyak menyimpan stok makanan enak yang tentunya wajib kita coba semua, salah satunya adalah Sate Padang.

Nah, bicara tentang sate Padang, kamu harus tahu kalau sate Padang itu terbagi menjadi 2 jenis, yaitu sate Padang Panjang dan sate Padang Pariaman. Dari keduanya, ada perbedaan yang mencolok di citarasa sambalnya.

Baca Yuk Apakah Makan Membatalkan Wudhu? Simak Penjelasan Berikut

Secara umum sate Padang dibuat dari jeroan kambing atau sapi yang cara memasaknya langsung direbus dengan bumbu khusus, kemudian dipanggang. Ciri khas dari salah satu aneka sate Nusantara ini terletak pada sambalnya yang berwarna orange atau kuning kental.

Kalau kamu ingin mencobanya, sangat disarankan ketika masih dalam keadaan hangat, karena jika dingin sambalnya yang khas itu akan mencair dan pasti akan mengurangi kelezatan rasanya. Oh iya, usahakan menyantapnya dengan tambahan ketupat dan keripik singkong balado pedas.

Wah wah ngebayangin aja rasanya udah Ehem!

2. Sate Madura

Sate nusantara yang enak
elshinta.com

Dari Padang kita terbang menuju Madura. Eh bentar, karena yang kita bahas kali ini adalah aneka sate Nusantara, kamu semua udah pernah cobain sate Madura kan?

Benar, sate Madura adalah sate yang cara memasaknya dengan menggunakan arang dari batok kelapa dan sebab inilah membuatnya berbeda dengan yang lain sehingga namanya begitu populer di jagad per-sate-an Indonesia Raya.

Sate Madura sendiri dibuat dengan bahan dasar daging ayam atau kambing dengan balutan sambal kacang manis untuk sate ayam dan bumbu kecap ditambah irisan tomat, bawang merah serta cabe rawit untuk sate kambing.

Sedangkan penyajiannya, sate Madura kerap disandingkan dengan lontong, ketupat, nasi putih dan acar sebagai condiment. Untungnya kamu bisa menemukan sate Madura dengan mudah, karena hampir semua pedagang kaki lima biasa menjajakan makanan enak ini di ruas jalan perkotaan seluruh Indonesia.

3. Sate Ponorogo

salah satu aneka sate nusantara
tumbler.com

Lain Madura lain juga dengan Ponorogo. Walaupun kedua daerah ini masih di dalam wilayah Provinsi Jawa Timur, namun jika menyangkut urusan sate akan beda ceritanya. Ehem!

Tapi memang benar, ada keunikan dari sate Ponorogo jika kita betul-betul memperhatikan, terlebih saat proses pembuatan dan penyajiannya. Iya, sate ini sengaja dibuat dari potongan daging ayam yang sebelum di panggang harus direndam terlebih dahulu dalam bumbu kecap hingga bumbu tersebut dianggap sudah meresap sepenuhnya. Kemudian, barulah dipanggang dengan sebuah alat yang terbuat dari tanah liat.

Baca Yuk 19 Menu Sarapan Sehat, Tidak Hanya Nikmat Tapi Juga Manfaat

Nah, dalam penyajian kamu bisa lihat ada perbedaan mendasar antara sate Ponorogo dengan aneka sate Nusantara yang lainnya. Umumnya, dalam setiap tusuk sate terdapat terdiri dari 4-5 potongan daging. Namun hal itu tidak terjadi pada sate Ponorogo, sate unik ini hanya menyajikan satu potong saja tapi dalam ukuran yang panjang.

Sebagai pelengkap, sate Ponorogo dihidangkan dengan siraman saus kacang dan sambal dengan irisan cabe rawit, bawang merah serta percikan jeruk nipis untuk penyempurna citarasa. Yakin nih ngga ngiler?

4. Sate Tegal

Aneka sate nusantara yang enak
whatsnewjakarta.com

Berburu aneka sate Nusantara kita lanjutkan ke kawasan Tegal, Jawa Tengah. Di daerah yang mayoritas penduduknya beraksen Jawa “Ngapak” ini terdapat olahan sate yang rasanya bisa menggoyang lidah kamu, sate balibul namanya. Pernah dengar?

Balibul sendiri adalah kependekan dari baru lima bulan. Itu artinya bahan dasar yang dipakai untuk membuat sate balibul merupakan kambing yang usianya baru lima bulan. Kira-kira bisa membayangkan?

Seperti halnya resto-resto yang menawarkan menu steak, para penjual sate balibul di Tegal juga memberi opsi pilihan tingkat kematangan yang sesuai dengan permintaan konsumennya, yaitu rare, medium dan well done. Hal ini penting ya, walaupun fisik kaki lima yang penting pelayanan bintang lima. Haha.

Jadi buat kamu yang ingin menjajal sate bernuansa steak, langsung aja angkat ransel dan go ke Tegal.

5. Sate Maranggi

Sate maranggai makanan khas purwakarta
foody.id

Kurang lengkap rasanya ngomongin aneka sate Nusantara namun nggak menyinggung tanah Sunda sedikitpun. Hemm, di Jawa Barat tepatnya Purwakarta ada jenis sate yang sayang jika dilupakan.

Yup, itulah sate maranggi. Sate ini dibuat dari daging sapi, kambing dan ayam. Kekhasan sate maranggi terletak pada bumbunya, yakni tepung ketan dan pucuk bunga kecombrang. Nah, pucuk bunga kecombrang ini mempunyai rasa yang seperti mentol sehingga dapat menambah kesegaran yang ditawarkan oleh sate maranggi itu sendiri.

Untuk penyajiannya, sate ini biasa disandingkan dengan nasi timbel, ketan bakar dan sambal oncom. Tertarik mencicipinya, yuk main ke Purwarkata?

6. Sate Blora

Aneka sate nusantara yang unik
infomakan.com

Kali ini sate Blora yang akan kita kupas tuntas. Sekedar pengetahuan, Blora merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di ujung timur berbatasan langsung dengan Jawa Timur.

Sate Blora berbahan dasar daging ayam kampung yang dipotong kecil-kecil. Bumbunya tidak hanya sekedar kecap manis, tetapi dicampur dengan bawang putih, ketumbar dan gula merah. Keistimewaan sate Blora ialah pelengkapnya yang berupa kuah kuning dari santan encer dengan bumbu bawang.

Nah, ternyata banyak sekali kan aneka sate Nusantara yang patut dibanggakan? Walaupun hanya sajian sederhana yang bisa dibuat di rumah, sate mampu membuat orang ketagihan saat memakannya. Sate tidak kalah dengan makanan khas luar negeri yang mungkin saja kurang sesuai dengan lidah orang Indonesia seperti kita. Apalagi jika daging yang digunakan sebagai bahan utama masih segar. Heemm!

Jadi, sate mana saja yang belum kamu coba?

Leave a Comment